Sukses

Tips Jaga Lampu Taman Tetap Awet

Liputan6.com, Jakarta Penggunaan lampu bisa diaplikasikan tak hanya di dalam ruang tetapi juga di luar ruangan, termasuk taman. Tampilan taman akan semakin cantik dan menarik dengan tambahan lampu.

Lampu taman memang dapat memperindah tampilan luar ruang rumah Anda. Cahayanya yang temaram menambah kesan romantis.

Namun, agar lampu taman bertahan lama, perhatikan tips dari Rumah.com berikut saat menentukan lampu taman yang akan dipasang di halaman Anda.

Mengutamakan fungsi

Pertimbangkan fungsi atau tujuan penggunaan lampu taman. Apakah Anda menggunakan lampu taman untuk untuk menerangi jalan setapak, atau digunakan sebagai pemberi efek cahaya tertentu di taman.

Jika sudah mengetahui tujuan penggunaan lampu, selanjutnya Anda bisa menentukan lampu taman yang akan Anda gunakan.

Ukuran dan jumlah

Perhatikan ukuran dan jumlah lampu taman yang diperlukan. Jika ukuran dan luas taman di rumah cukup luas, Anda bisa memilih berukuran kecil dengan jumlah banyak. Namun jika ukuran dan luas taman di rumah kecil, Anda bisa memilih satu lampu taman yang berukuran besar.

Material tahan cuaca

Pilih lampu taman yang tahan segala cuaca terutama panas dan hujan, sehingga pemakaiannya bertahan lama. Jadi sebelum memilih lampu taman, periksa terlebih dahulu tingkat IP lampunya. Lampu taman yang baik memiliki IP (Inggres Protection) atau tingkat ketahanan lampu yang tinggi di area outdoor.

Hemat energi

Dalam sehari pemakaian lampu taman cukup panjang, setelah matahari terbenam hingga pagi hari. Karena itu, pilih lampu yang hemat energi untuk menghindari pemborosan dan memberikan pengaruh positif kepada lingkungan.

Sesuai konsep

Pertimbangkan konsep desain sebelum memilih lampu taman. Pilih lampu yang sesuai dengan tema desain rumah.

Jika taman di rumah bergaya modern minimalis maka lampu taman yang simpel dengan desain geometris-simetris tampak cocok dengan gaya tersebut.

Jika rumah Anda bergaya vintage, Anda bisa memilih desain lampu yang bergaya klasik dan antik cocok untuk diaplikasikan.

(Simak juga: Tips Menata Sendiri Taman Rumah)

Foto: Stocksnap

Rina Susanto

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Ingin Tetap Tampil Cantik Saat Naik Kendaraan Umum? Ini Triknya!
Artikel Selanjutnya
Malas Berolahraga? Cara ini Dijamin Bikin Anda Semangat!