Sukses

Tiru Langkah Ini Sebelum Jual Rumah

Liputan6.com, Jakarta Memiliki hunian yang besar dengan jumlah ruang tidur yang memadai sepertinya menjadi dambaan hampir setiap orang. Terlebih ketika si buah hati sudah beranjak dewasa dan merengek punya kamar tidur sendiri.

Tak hanya itu, ada lagi permintaan dari sang istri yang menginginkan dapur lebih lega atau ruang tamu khusus yang tak menyatu dengan ruang keluarga. Rasanya, Anda ingin mewujudkan semua permohonan itu segera demi menyenangkan mereka.

Sayang, rumah yang dihuni saat ini tak memungkinkan untuk direnovasi sesuai kebutuhan, sehingga mengharuskan Anda mencari hunian baru.

Tetapi sebelum membeli rumah baru, hal pertama yang harus Anda persiapkan adalah dana. Untuk mendapatkan dana lebih secara instan, Anda pun harus jual rumah yang ada saat ini. Lalu apa strategi jitu agar rumah Anda segera laku?

Dikutip dari apimagazine.com, building advisory service di Australia, Archicentre, dan diterjemahkan Rumah.com, disebut setidaknya 7 tahap agar rumah Anda lebih cantik dan mampu memikat hati calon pembeli.

Taman

Memiliki sebuah taman di halaman rumah sama halnya seperti memiliki ruang ekstra. Agar nilai jual kembali maksimal, buatlah sebuah taman yang senada dengan fasad rumah.

Selain mampu memberikan kesejukan, keindahan dan kenyaman bagi siapapun yang melihatnya, taman juga dapat menurunkan kadar polusi serta menstabilkan suhu udara di rumah.

Anda dapat mempercantik taman dengan menempatkan tanaman asli dan tanaman eksotis, serta kolam ikan sebagai daya tariknya.

Pagar

Pastikan pagar yang dipasang kompatibel dengan gaya rumah. Penggunaan pagar kayu akan membawa rumah Anda ke gaya klasik seperti Edwardian atau Victorian.

Anda bisa mengaplikasikan kaca patri motif burung atau bunga untuk rumah bergaya Victorian, dan motif art deco sunburst untuk Edwardian. Namun pada rumah bergaya modern penggunaan pagar ini dirasa kurang menarik.

Mengecat

Hal lain yang perlu Anda lakukan saat hendak menjual rumah adalah dengan membersihkan, merapikan dan melakukan pengecatan ulang.

Pilih warna cat yang netral dan elegan sehingga rumah terkesan menarik dan siap ditempati. Karena sudah tentu pembeli menginginkan rumah yang siap pakai dan tidak membutuhkan banyak renovasi.

Kanopi

Kehadiran kanopi di carport rumah tentunya semakin menambah suasana sejuk dan asri. Kanopi merupakan atap tambahan yang biasanya dipasang di muka rumah, yang berfungsi sebagai peneduh karena kerap disertai tanaman rambat yang indah.

(Baca juga: Memilih Material Kanopi untuk Carport Anda)

Dinding Retak

Jangan sampai masalah dinding retak menyurutkan minat calon pembeli rumah Anda. Untuk itu Anda perlu memperhatikan kondisi dinding di tiap ruangan. Bila Anda menemukannya, segera hubungi jasa renovasi rumah untuk memperbaikinya.

Lantai Kayu

Bila salah satu ruangan pada rumah yang akan Anda jual menggunakan lantai kayu, maka berikanlah perawatan intensif.

Karena lantai kayu lebih cepat lembab dan menyerap air dibandingkan dengan lantai keramik. Sehingga noda dari debu dan cairan akan lebih sulit dihilangkan daripada lantai keramik.

(Baca juga: 5 Cara Mudah Memelihara Lantai Kayu Parket)

Pilih dan gunakan kain pembersih yang tepat, bagus dan benar. Perhatikan banyaknya cairan yang dituang, jangan terlalu banyak, karena hal ini dapat meninggalkan noda membandel dan semakin sulit dibersihkan di lantai kayu.

Plafon

Plafon yang bersih dan terawat menambah kenyamanan di dalam rumah. Tetapi kotoran dan debu terutama sarang laba-laba yang menempel, kerap membuatnya tidak sedap dipandang.

Karena membersihkan plafon adalah pekerjaan yang mudah, maka Anda dapat melakukannya sendiri dengan bantuan sapu atau sikat.

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Ini Rahasia Anak Rajin Belajar di Rumah
Artikel Selanjutnya
Desain Pintu Unik Bikin Rumah Makin Nyentrik