Sukses

Gali Potensi Kreativitas Anak Lewat Ruangan ini

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda memiliki anak yang gemar membuat prakarya atau berkreasi dengan ide-idenya, ada baiknya jika Anda mendukungnya dengan menyediakan sebuah ruang khusus. Ruangan ini pastinya akan semakin mengoptimalkan potensinya serta membuat anak semakin mudah untuk membereskan pekerjaannya karena seluruh kegiatan terpusat di satu ruangan.

Tidak hanya sebagai ruang berkarya, ruangan seperti ini juga bisa dimanfaatkan anak-anak untuk belajar. Untuk membuat ruang khusus agar anak dapat leluasa mengeksplorasi bakatnya, ikuti langkah-langkah berikut dari Rumah.com untuk membuat ruang khusus bagi anak untuk mengeksplorasi bakatnya.

Simak juga: Tips Mudah Bikin Ruang Bermain di Rumah

1. Buat ruangan tampak menarik untuk anak

Faktor yang paling penting saat membuat ruangan khusus untuk anak adalah membuatnya menarik sehingga mereka bersemangat ketika menggunakan ruangannya. Cat dinding dengan warna yang cerah seperti warna hijau muda atau biru langit.

Sediakan perabotan seperti kursi dan meja khusus untuk anak agar mereka bisa berlama-lama di ruangan tersebut. Siapkan juga pencahayaan yang baik agar tidak merusak mata anak dan mendukung kreativitasnya.

2. Simpan barang-barang dengan rapi dan terorganisir

Pastikan semua benda tersebut memiliki tempatnya masing-masing. Tidak perlu membeli wadah baru Anda bisa membuatnya sendiri dengan menggunakan kardus bekas sereal.

Agar mereka dapat memulai aktivitas di ruangan ini, sediakan beberapa perlengkapan untuk berkarya seperti gunting, lem, kertas, stiker, pita, dan juga pensil warna.

Pastikan semua benda tersebut memiliki tempatnya masing-masing. Tidak perlu membeli wadah baru Anda bisa membuatnya sendiri dengan menggunakan kardus bekas sereal.

3. Pilih bahan-bahan yang ramah anak

Karena ruangan ini digunakan untuk anak berkreasi dan dalam waktu yang lama, gunakan perabotan dengan permukaan yang mudah dibersihkan. Termasuk di dalamnya adalah pemilihan lantai.

Jika mengganti seluruh lantai akan menghabiskan terlalu banyak biaya, tambahkan lapisan vinyl di bawah meja untuk menangkap tumpahan cat yang mungkin berjatuhan.

4. Akses yang mudah untuk anak

Yang harus diingat ketika menyimpan barang-barang di ruangan ini adalah mudah diakses anak. Jangan membuat anak malah kesulitan ketika mereka berusaha mengambil barang tersebut.

Beberapa wadah yang cocok digunakan untuk menyimpan adalah keranjang, kotak transparan, mangkuk kecil dan juga wadah pencetak kue muffin.

5. Sediakan tempat khusus untuk menampilkan karya anak

Salah satu cara kreatif lain adalah dengan mengecat dinding dengan bentuk bingkai dan menjadikan area tengah sebagai tempat khusus untuk memasang hasil karya tersebut.

Pilih salah satu sisi di ruangan tersebut untuk menampilkan hasil karya anak. Sediakan papan magnet agar memudahkan anak untuk memasang hasil karyanya.

Salah satu cara kreatif lain adalah dengan mengecat dinding dengan bentuk bingkai dan menjadikan area tengah sebagai tempat khusus untuk memasang hasil karya tersebut.

6. Ajari anak untuk membersihkan ruangan tersebut

Anak-anak sebenarnya tidak keberatan untuk melakukan pekerjaan bersih-bersih jika bisa dilakukan dengan mudah. Gunakan wadah terbuka agar anak bisa dengan mudah meletakkan barang-barang tersebut di tempatnya lagi.

Sediakan juga tempat sampah di ruangan ini agar mereka dapat menjaga kebersihan ruangan. Jika perlu sediakan perlengkapan menyapu ukuran anak serta kain lap atau tisu agar mereka dapat mengelap sendiri jika ada sesuatu yang tumpah.

Foto: Houzz.com, Pixabay

Mita Agustina

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Menata Ruang Kerja Pekerja Kreatif Berdasarkan Feng Shui
Artikel Selanjutnya
Tips Bikin Rumah Bebas Stres