Sukses

Sekarang, Anda Bisa Juga Berkebun di Kantor

Liputan6.com, Jakarta Berkebun tak hanya bisa dilakukan di rumah atau pada lahan luas. Jika Anda mau, di kantor pun Anda bisa berkebun.

Tak ada salahnya mencoba berkebun di kantor. Menurut penelitian Norwegian University of Life Sciences tahun 2011, memiliki tanaman hijau di kantor mampu meningkatkan produktivitas kerja seseorang.

Caranya relatif mudah. Jika Anda memiliki posisi tempat duduk yang ‘strategis’ tentu akan lebih menguntungkan, yaitu dekat dengan kaca jendela yang terkena sinar matahari dan ada tempat untuk menaruh pot-pot kecil.

Modalnya adalah pot, media tanam dan benih atau bibit tanaman. Harga benih relatif lebih murah, namun untuk efisiensi waktu dan perawatan, pekebun kantoran disarankan memulai berkebun dengan bibit siap tanam.

(Simak juga: Tips Merawat Tanaman di Dalam Ruangan)

Bibit siap tanam mudah didapatkan di toko-toko tanaman. Bibit siap tanam biasanya dijual satuan, sudah berupa tanaman muda di dalam wadah. Berbeda dengan benih yang dijual dalam satu kemasan terdiri dari puluhan butir benih.

Sebaiknya pilih tanaman berupa daun-daunan, seperti sawi, bakchoy, selada. Tanaman seperti tomat atau tanaman menjalar seperti semangka tidak disarankan ditanam di kantor karena membutuhkan tongkat penunjang dan sinar matahari langsung.

Selain tanaman sayuran, Anda bisa menanam tanaman hias yang mudah perawatannya, seperti sirih gading atau kaktus hias. Kedua tanaman tersebut akan baik-baik saja walaupun Anda harus tugas keluar kota selama satu pekan.

Langkah-langkah:

Jika meja Anda dekat dengan jendela, susun pot berjajar di bagian bawah jendela kaca. Jika tidak memungkinkan dekat jendela, Anda bisa menaruh pot-pot di atas meja.

Agar tak terlalu sesak gunakan pot kecil sehingga tak menghabiskan tempat. Anda juga bisa menggantungkan pot di sisi samping meja menggunakan sangkutan berstiker.

Gunakan alas di bawah pot. Anda bisa menggunakan wadah panjang seperti loyang. Ini untuk mengantisipasi agar area tetap terjaga kebersihannya.

Untuk perawatan Anda bisa mengairinya menggunakan semprotan air. Praktis, di sela-sela waktu bekerja pun sambil duduk Anda bisa memberi asupan air untuk tanaman-tanaman tersebut.

Selalu sediakan gunting untuk memotong-tanaman-tanaman yang menguning. Pemupukan bisa dilakukan satu bulan sekali.

Foto: Pixabay

Sumber: Rumah.com

Rina Susanto

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua