Sukses

5 Kebiasaan Tidak Sehat yang Sering Anda Lakukan di Rumah

Liputan6.com, Jakarta Badan yang kurang sehat bukan berarti selalu disebabkan karena Anda kurang istirahat akibat sibuk dengan tugas kerja. Tak berarti pula Anda kurang piknik.

Badan yang kurang sehat bisa jadi disebabkan oleh kebiasaan Anda di rumah. Ada beberapa aktivitas rumah yang berdampak buruk pada tubuh, seperti dilansir Rumah.com berikut ini.

Malas mengurus kasur

Jangan malas membersihkan ranjang, menjemur kasur, serta merapikan bentuk dan teksturnya sebelum Anda tidur. Pasalnya, kasur yang tak terurus berisiko membuat Anda merasakan nyeri pada tulang belakang.

Menjemur kasur tak hanya mencegah tungau bersemayam di kasur Anda, tapi juga membuat bentuk kasur mengembang dan kembali seperti semula—tidak menyusut seperti saat Anda berbaring di atasnya.

Meletakkan TV di kamar tidur

Selain sinar biru TV yang masih menyala jika dalam keadaan stand by akan membuat Anda susah tidur, adanya TV di kamar tidur juga membuat Anda malas bergerak. Padahal menonton TV sambil berbaring berisiko menyebabkan nyeri leher dan gangguan mata.

Tidak membersihkan sudut lemari

Kebiasaan kita saat bebersih rumah adalah hanya membersihkan area yang terlihat oleh mata. Jadi biasanya, nih, bagian atas lemari, sudut lemari, kolong tempat tidur, dan kolong lemari luput dari pandangan Anda, dan tidak dibersihkan.

Padahal area inilah tempat debu bertumpuk. Debu pun dapat beterbangan ke seluruh ruangan—terutama saat Anda membuka jendela atau pintu. Padahal debu tebal ini berisiko menyebabkan gangguan pernapasan.

(Simak juga: 4 Kegiatan Bersih Rumah yang Bisa Diselingi Olahraga)

Jarang membersihkan karpet

Karpet yang Anda gelar di ruang keluarga pasti bisa dihitung dengan jari jika ditanya berapa kali dalam seminggu karpet itu dibersihkan.

Setiap hari manusia melepaskan sel kulit mati dan keringat yang kadang berkumpul di beberapa bagian rumah, misal lantai dan karpet.

Karena itu, sebaiknya alas ruangan Anda dibersihkan setiap hari. Pasalnya, sel kulit mati akan mengundang tungau yang menyebabkan alergi.

Meletakkan tas di ranjang

Anda mungkin termasuk orang yang baru membeli tas jika tas lama sudah usang. Dan, tas lama ini Anda gunakan setiap hari.

Masalahnya, Anda sering meletakkan tas di atas ranjang, tanpa sadar tas tersebut sudah melanglang ke sejumlah tempat mengikuti kegiatan Anda.

Tak jarang, Anda meletakkan tas tersebut sembarangan sehingga banyak kuman menempel pada tas. Jangan heran jika Anda sering merasakan gatal setelah bangun dari tidur.

Foto: Pixabay

Rina Susanto

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Trik Atur Rumah Agar Mudah Dibersihkan Tanpa Bantuan ART
Artikel Selanjutnya
Tips Sederhana Agar Balita Lebih Aman di Rumah