Sukses


Escadaria Selaron, Inspirasi Desain Warna-Warni dari Brasil

Tangga Selaron dibuat oleh seorang seniman ternama Brasil bernama Jorge Selaron. Karena itulah, tangga ini dinamakan Escadaria Selaron.

Liputan6.com, Jakarta Tahukah Anda bahwa di sudut Kota Rio de Janeiro, Brasil terdapat sebuah tangga cantik dengan desain yang sangat menarik.

Tangga Selaron dibuat oleh seorang seniman ternama Brasil bernama Jorge Selaron. Karena itulah, tangga ini dinamakan Escadaria Selaron.

Tangga sepanjang 125 meter ini dibalut dengan warna-warna cerah. Jika dilihat sangat menginspirasi dan penuh kreativitas.

Tangga ini dilapisi dengan 2.000 keramik dengan beragam motif. Keramik-keramik itu ditempelkan secara tak beraturan namun tampak indah saat dipandang.

Awalnya Selaron tidak sengaja menciptakan karya ini, yang ternyata menjadi sebuah ikon tersendiri bagi orang yang mengunjunginya.

Selaron tinggal dekat dengan lokasi tangga itu berada. Pada tahun 1990, Selaron mengubah tangga yang ada menjadi unik dengan balutan warna-warna cerah. Sayangnya sebelum tangga ini selesai dibuat, Selaron meninggal dunia.

Menariknya karya Selaron ini ternyata membuat kawasan Lapa menjadi terkenal. Bahkan menjadi destinasi wisata wajib untuk wisatawan lokal maupun mancanegara.

Secara tak langsung Selaron telah mengubah kondisi ekonomi penduduk di sekitar tangga Selaron, yang semula berpendapatan rendah, menjadi berpenghasilan mencukupi.

Tak berlebihan kalau tangga ini masuk ke dalam majalah internasional seperti National Geographic dan Time, membuat Selaron mendapat gelar Carioca, gelar khusus penduduk Rio de Janeiro yang banyak mendedikasikan diri untuk kota.

(Simak juga: Hasil Riset Bohlam Kuning Baik untuk Kamar Tidur)

Desain cantik ala Escadaria Selaron ini pun sangat memungkinkan untuk diterapkan pada hunian Anda. Cukup mudah kok membuatnya. Anda bisa menggunakan pecahan keramik dengan berbagai warna cerah seperti merah, biru, kuning, hijau, putih, dan sebagainya.

Tempelkan secara tak beraturan pada anak tangga tersebut. Saat menempelkan keramik-keramik tetap perhatikan nilai estetika, ya, sehingga hasil akhir memuaskan.

Pada beberapa bagian Anda bisa menempelkan keramik dengan motif tegel kunci. Ini akan semakin membuat suasana berbeda. Sementara pegangan tangga bisa dicat dengan warna-warna cerah seperti hijau toska, biru, atau kuning.

Desain ala Escadaria Selaron ini akan akan membawa nuansa tropis pada rumah Anda. Cocok diaplikasikan pada rumah bergaya bohemian, tropical, coastal, eklektik, Maroko, atau vintage.

Foto: Pixabay

Sumber: Rumah.com

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.