Sukses


5 Cara Cegah Jamur Muncul di Rumah

Udara yang lembap tak hanya membuat suasana rumah jadi tidak nyaman, tetapi dapat merusak perabot di dalamnya.

Liputan6.com, Jakarta Musim hujan dengan udara dingin kerap membuat suasana di rumah menjadi lembap dan pengap.

Udara yang lembap tak hanya membuat suasana rumah jadi tidak nyaman, tetapi dapat merusak perabot di dalamnya.

Kondisi lembap bisa memicu timbulnya jamur pada barang-barang di rumah. Agar hal ini tidak terjadi pada rumah Anda, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah rumah menjadi sarang jamur, seperti dilansir Rumah.com berikut ini:

Banyak ventilasi

Umumnya jamur akan tumbuh dan cepat berkembang biak di daerah yang hangat ataupun lembap. Untuk menghindarinya buat banyak ventilasi di rumah.

Apalagi jika rumah Anda tidak begitu luas. Bisa dengan membuat satu jendela namun dengan ukuran besar sehingga sirkulasi udara lancar.

Tepat meletakkan furnitur

Furnitur kayu dan bahan semi leather rentan berjamur pada kondisi lembap. Jika Anda memiliki perabot dengan bahan tersebut usahakan jangan diletakkan pada posisi menempel ke dinding sehingga perabot mendapatkan sirkulasi udara yang cukup. Aliran udara akan mengurangi kondisi lembap di sekitar perabot.

Perhatikan isi lemari

Jangan mengisi lemari terlalu penuh, baik lemari pakaian maupun lemari penyimpanan barang. Lemari yang terlalu padat dengan barang membuat udara di dalam sulit mengalir sehingga menimbulkan kelembapan. Ini yang dapat menyebabkan udara menjadi lembap.

Bersihkan bekas bocor atau banjir

Jika ada bekas banjir dan bocor pada rumah Anda, segera bersihkan dalam selang waktu 24-28 jam. Bekas bocor/banjir biasanya akan lembap dan menimbulkan jamur.

Jika dibiarkan dapat melebar ke area sekitarnya. Apalagi, saat ini sudah masuk musim penghujan sehingga antisipasi sebaiknya sudah disiapkan.

Penyejuk udara

Kurangi kelembapan udara di dalam ruangan hingga mencapai 30-60 persen untuk mencegah pertumbuhan jamur dengan menggunakan penyejuk ruangan seperti AC, dehumidifiers, atau exhaust fan.

Pemakaian karpet

Jika rumah Anda berada di area dengan kelembapan udara tinggi, sebaiknya hindari menggunakan karpet.

Karpet cepat lembap pada ruang yang memiliki kelembapan tinggi, sehingga bisa menjadi sarang bakteri dan jamur. Jika tetap menggunakan usahakan Anda sering menjemurnya di bawah sinar matahari 3-4 hari sekali.

(Simak juga: Mencegah Aroma Apek di Gudang)

Foto: Pixabay

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini