Sukses


Enam Langkah Selamatkan Tanaman yang Layu

Jika Anda memiliki tanaman yang mulai layu dan hampir mati, ada cara meyelamatkannya.

Liputan6.com, Jakarta Selalu menyenangkan memelihara tanaman di pekarangan sendiri. Tanaman juga merupakan salah satu unsur yang bisa mempercantik tampilan rumah. Sayangnya merawat tanaman tak semudah membeli tanaman.

Tanaman memerlukan perhatian khusus. Tak jarang tanaman yang kita pelihara mati dan layu karena kurang perawatan, dan akhirnya mati.

Jika Anda memiliki tanaman yang mulai layu dan hampir mati, ada cara meyelamatkannya. Enam tips dari Rumah.com ini bisa Anda lakukan untuk menyelamatkan tanaman yang kering dan sekarat.

Pindahkan Ke Pot yang Baru

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah memindahkan tanaman ke pot baru. Tanah yang baru dapat memberikan nafas baru bagi tanaman tersebut. Pilihlah pot dengan ukuran yang sedikit lebih besar dibandingkan pot sebelumnya sehingga akar dapat tumbuh dan bertahan.

Beri Nutrisi yang Lebih Baik

Tumbuhan memerlukan makanan yang bisa menutrisi tubuhnya dengan baik. Berikan tanah dan pupuk yang terbaik.

Teknik ini harus dilakukan secara bertahap. Lakukan perlahan agar akar tumbuhan tidak terlalu mendapatkan banyak “makan” dalam satu waktu.

Jangan Langsung Disinari Matahari

Hindari memindahkan tanaman ke tempat yang disinari matahari langsung. Matahari memang baik untuk pertumbuhan tanaman, tetapi memindahkan tanaman yang sedang ‘sakit’ ke tempat yang panas dapat memperburuk keadaan. Taruh tanaman di tempat teduh hingga tanaman kembali segar.

Perhatikan Penyiraman

Kenali karakter tanaman Anda. Apakah tanaman tersebut termasuk ke dalam tanaman yang membutuhkan banyak air atau tidak? Pastikan Anda tidak menyiram tanaman secara berlebihan sehingga tanaman tidak overwatered. Tanaman yang overwater akan membuat akar tanaman cepat membusuk.

Bersihkan dari Semua Hama

Tumbuhan “sakit” bisa disebabkan serangan hama. Dalam rangka menyelamatkan tumbuhan, perhatikan datangnya hama dan sebisa mungkin bersihkan tumbuhan.

Coba Letakkan dalam Greenhouse

Opsi terakhir letakan tanaman dalam greenhouse atau rumah kaca, apalagi jika Anda tinggal di daerah yang dingin. Anda dapat membuat greenhouse atau rumah kaca sendiri.

Cara yang sederhana, letakkan plastk di atas tumbuhan dan biarkan hingga empat atau lima hari untuk memberikan tumbuhan lengkungan yang dibutuhkannya.

(Simak juga: Xeriscaping, Tips Bertaman Hemat Air)

Foto: Pixabay

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini