Sukses


Hati-hati Beli Dekorasi Rumah via Online

Liputan6.com, Jakarta Layanan on demand yang sedang berkembang pesat tak bisa dipungkiri membawa dampak besar terhadap cara konsumen berbelanja. Mulai dari gadget, elektronik, kebutuhan rumah tangga, fashion, hingga aksesori rumah semua bisa didapat secara online.

Khusus untuk aksesori rumah, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membelinya secara online. Sebab kebanyakan aksesori rumah membutuhkan pengecekan lebih jauh seperti kualitas barang, cara pengiriman dan sebagainya.

Belum lagi aksesori rumah rentan pecah belah. Dikutip dari Rumah.com, berikut ini beberapa tips membeli aksesori rumah secara online.

List kebutuhan Barang

Melihat katalog furnitur atau aksesori rumah sudah pasti membuat kita tergiur dan lapar mata untuk membeli semuanya. Apalagi jika toko online yang kita kunjungi menawarkan harga promo atau potongan harga.

Tanpa disadari sering membuat kantong kebobolan. Sebaiknya sebelum berbelanja buat dulu daftar barang-barang yang dibutuhkan.

Kebutuhan aksesori rumah tentu nggak sebanyak kebutuhan rumah tangga. Prioritaskan membeli barang yang primer, sedangkan sisanya bisa Anda beli di kemudian hari.

Sesuaikan dengan tema desain

Sebelum membeli aksesori rumah, pastikan Anda memilih desain aksesori yang sesuai dengan tema desain interior rumah secara menyeluruh.

Sebab jika hanya melihat dari sisi estetis, ketika disandingkan dalam ruang hasilnya justru akan mengurangi nilai tampilan.

Jika desain rumah Anda modern, pilihlah desain produk dengan potongan desain yang simple dan sleek. Sementara bagi Anda yang menyukai gaya vintage, pilih produk yang memiliki nilai vintage. Anda bisa menelusuri sejumlah flea market untuk mencari barang-barang lawas yang kondisinya masih bagus dan terlihat catch.

Akun terpercaya

Belanjalah di akun yang memiliki reputasi baik dan terpercaya. Anda harus mengenali toko online tempat Anda berbelanja untuk mengurangi risiko tertipu. Anda bisa mengeceknya melalui testimoni dari pelanggan, website, atau googling.

(Simak juga: Kebiasaan di rumah yang bikin boros)

Perhatikan Detil Produk

Sebelum membeli pastikan Ada mengecek spesifikasi barang secara mendetil seperti ukuran, warna, material, dimensi, garansi produk, hingga perawatannya.

Ini penting karena Anda tidak bisa melihat langsung kondisi barang yang ingin Anda beli. Jika memungkinkan tanyakan detil barangpada bagian pelayanan konsumennya. Ini untuk memastikan bahwa Anda akan mendapatkan barag yang sesuai dengan keinginan Anda.

Packing dan Pengiriman Barang

Kebanyakan aksesori rumah rentan pecah, patah, retak. Pastikan penjual memiliki metode packing yang baik dan mengutamakan keamanan barang. Tanyakan pula metode pengiriman barang serta jasa kurir yang digunakan.

Dengan begitu Anda bisa memastikan barang dalam kondisi aman. Selain itu Anda juga bisa memperkirakan kapan barang akan sampai.

Foto: Stocksnap

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini