Sukses


Cara Cegah Munculnya Jamur di Rumah

Jamur bisa menyebabkan masalah kesehatan dan merusak material yang di hinggapinya. Karena itu simak cara menanggulanginya.

Liputan6.com, Jakarta Anda mungkin bisa menunda tugas bersih-bersih rumah, namun ketika muncul tanda-tanda jamur di sekitar rumah, sebaiknya segera atasi sebelum terlambat. Jamur bisa menyebabkan masalah kesehatan dan merusak material yang di hinggapinya.

Spora jamur juga bisa mengapung di udara dan ketika menempel pada permukaan basar mereka akan berkembang biak secara bertahap. Sebelum ada anggota keluarga yang terkena penyakit demam atau reaksi alergi lainnya, lakukan teknik cerdas berikut ini!

Sebagai informasi, ada beberapa area yang paling rawan terkena jamur. Beberapa di antaranya Basemen atau plafon, di bawah counter top atau wastafel, di bawah atau di belakang kulkas, di belakang dinding tempat penanaman pipa, sekitar unit pendingin udara, atau di bawah karpet.

Rumah yang terletak di lokasi bercuaca lembab juga punya resiko pertumbuhan jamur yang lebih besar. Bahkan menurut Gold Coast Flood Restorations di San Diego, bencana banjir yang masuk ke dalam rumah bisa menyebabkan pertumbuhan jamur yang cepat dalam waktu 24 jam.

Jamur adalah lapisan fungi yang dapat terbentuk pada permukaan basah. Jamur biasanya tumbuh di pola datar dan ditandai dengan bubuk putih atau abu-abu. Jamur dengan warna hitam atau hijau bahkan bisa menembus permukaan apapun yang mereka hinggapi. Anda bisa mengikuti langkah-langkah pembersihan jamur dengan cara berikut ini

(Simak Juga: 5 Langkah Praktis Hilangkan Jamur di Dinding)

Jamur Tersembunyi

Tanpa kita sadari, jamur sering muncul di tempat-tempat tak terduga, contohnya di belakang wallpaper. Para ahli jamur dari Chicago menemukan bahwa jamur yang ada di belakang wallpaper atau tepi rumah sering hadir di rumah tua. Dinding eksterior bukanlah spot yang tepat untuk menempelkan wallpaper karena perubahan suhu yang tinggi antara area dalam dan luar ruangan. Selain itu, lem juga cenderung memicu hadirnya jamur.

Dibersihkan atau di buang?

Jika jamur bercokol pada permukaan berpori seperti karpet, plafon, atau wallpaper, Anda terpaksa harus membuang atau mengganti material tersebut karena hampir mustahil untuk dihapus.

Cara Mencegah Datangnya Jamur

Mengontrol suhu kelembaban di dalam rumah adalah kunci untuk menghindari jamur. Menurut ahli, Anda disarankan untuk mengecek konsidi atap, pipa, drainase eksterior dan ventilasi interior setiap tahun. Periksa apa terdapat kebocoran di bawah wastafel dan di sisi tersembunyi lain. Untuk kamar mandi, jangan lupa untuk memasang ventilasi untuk meminimalisir uap atau embun yang berputar di dalam ruangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.