Sukses


Konsistensi BTN Terhadap Program Sejuta Rumah

Bank BTN mengklaim telah mengucurkan KPR Subsidi untuk 2,9 juta unit rumah dengan total kredit mencapai Rp 84,8 triliun.

Liputan6.com, Jakarta Komitmen PT Bank Tabungan Negara Tbk (Bank BTN) dalam mendukung program perumahan untuk rakyat terus dipertahankan.

Selama 40 tahun berdiri, Bank BTN mengaku telah menyalurkan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) untuk lebih dari 3,77 juta unit rumah dengan nilai kredit sebesar Rp178 Triliun di seluruh Indonesia.

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini pun konsisten berkontribusi di berbagai program pemerintah untuk menyediakan rumah bagi seluruh segmen masyarakat, terutama dalam hal pembiayaan.

Dalam perjalanannya selama 40 tahun, Bank BTN ikut andil dalam program pembiayaan rumah yang diprakarsai oleh Pemerintah terutama program KPR Subsidi, dimulai sejak skema Kredit Likuiditas Bank Indonesia, subsidi bunga, subsidi uang muka hingga Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

Seperti dikutip Rumah.com, konsistensi Bank BTN juga teruji saat dinamika ekonomi dan politik terjadi, penyaluran KPR Subsidi BTN tetap terdepan, sehingga Bank BTN, berdasarkan data Kementerian PUPR tetap mempertahankan pangsa pasarnya di KPR Subsidi sebesar 97% (data per Juni 2016).

Sebagai penguasa pasar, sejak tahun 1976 hingga September 2016, Bank BTN telah mengucurkan KPR Subsidi untuk 2,9 juta unit rumah dengan total kredit mencapai Rp84,8 Triliun.

Capai 96 Persen Target

Kiprah Bank BTN untuk menyukseskan program pemerintah tidak hanya dalam pelayanan KPR Subsidi, tapi juga pada program sejuta rumah yang dicanangkan Presiden Joko Widodo pada tanggal 29 April 2015. Pada program tersebut, Bank BTN mengucurkan KPR dan kredit konstruksi.

“Per 30 November 2016, dari target 570 ribu unit rumah, Bank BTN sudah menyalurkan KPR untuk 187.588 unit rumah dengan dukungan kredit konstruksi belum KPR sebesar 361.139 unit rumah. Pencapaian tersebut sudah memenuhi 96 persen dari target,” kata Maryono.

Untuk mengejar target, Bank BTN menawarkan sejumlah solusi dan strategi diantaranya dengan inovasi digital lewat pengajuan aplikasi KPR secara online, dan mengoptimalkan situs www.btnproperti.co.id guna memudahkan nasabah menemukan properti impiannya.

Sementara untuk tahun 2017 mendatang, sesuai dengan amanat Pemerintah lewat Paket Kebijakan Ekonomi Jilid XIII untuk program rumah bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah atau MBR, BTN akan menguji coba skim KPR bagi pekerja informal dan Masyarakat berpenghasilan rendah.

Pencapaian Bank BTN dalam mendukung program sejuta rumah, tidak lepas dari peranan Kementerian BUMN dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dalam mensinergikan BUMN lain, terutama BUMN Karya.

Selain peran Pemerintah, Bank BTN juga banyak didukung oleh para pengembang properti yang selama ini menjadi mitra setia Bank BTN, tercatat sebanyak 3.000 pengembang yang telah bekerja sama dengan Bank BTN.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini