Sukses


7 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Pindah Rumah

Agar Anda tak terburu-buru saat pindahan, jangan lakukan secara dadakan. Tentukan tanggal pindah sejak 1-2 bulan sebelumnya.

Liputan6.com, Jakarta Pindahan rumah memang melelahkan. Mulai dari membereskan rumah lama, packing, menggotong barang ke dalam mobil, hingga menatanya kembali ke rumah baru, jelas butuh energi.

Tak heran jika rasa enggan timbul duluan sebelum Anda menentukan tanggal pindah. Agar pindah rumah berjalan lancar dan Anda tetap sehat, berikut langkahnya seperti dikutip dari Rumah.com.

Mulai persiapan minimal 1 bulan sebelumnya

Agar Anda tak terburu-buru saat pindahan, jangan lakukan secara dadakan. Tentukan tanggal pindah sejak 1-2 bulan sebelumnya dan catat seluruh barang yang akan dibawa, disingkirkan, dan didonasikan.

Buat timeline, misalnya, pada minggu pertama Anda sudah harus membereskan barang yang ada di kamar, lalu minggu kedua Anda sudah harus menyiapkan barang yang akan dibawa dari ruang makan.

Jadi, sesuaikan jumlah ruangan dengan waktu pindah. Bila rumah Anda memiliki enam ruangan, berarti minimal enam minggu sebelum tanggal pindah, Anda sudah melakukan pengepakan.

Gunakan masker

Ketika membereskan ruangan, biasanya barang akan menjadi penuh debu, terutama jika ada area yang jarang dijamah. Selalu gunakan masker dan (kalau perlu) sarung tangan saat Anda membereskan barang tersebut.

Cuci setiap barang yang kotor agar Anda tak menularkan debunya pada rumah baru. Semprotkan pula antikuman atau antibakteri jika Anda tidak yakin dengan kebersihan barang.

Minta cuti

Ingat, pindah rumah itu melelahkan. Meski Anda melakukannya saat weekend, bisa saja dua hari selama weekend itu tersita seluruhnya, sehingga Anda tak sempat lagi beristirahat.

Tak ada salahnya menggunakan jatah cuti untuk pindahan rumah, misalnya Anda jadi mendapatkan libur selama seminggu atau setidaknya ambil cuti hingga 2-3 hari.

Bersihkan usai packing

Bersihkan ruangan setelah Anda mengepak seluruh barang yang ada di dalamnya. Sapu dan pel kembali lantainya, terutama bagian yang tadinya digunakan untuk lemari atau meja.

Cicil barang

Yap, lakukan pindahan cicilan untuk beberapa barang yang kecil, mudah dibawa, dan tidak memakan tempat di rumah baru.

Misalnya, pakaian, alat rumah tangga seperti microwave, kompor listrik, sepatu, tas, buku koleksi Anda, dan rak atau lemari kecil yang muat dimasukkan ke dalam mobil. Hal ini untuk memudahkan Anda membawa barang lainnya saat hari pindahan nantinya.

Jaga kesehatan

Pindahan tak berarti Anda melupakan kondisi tubuh Anda. Mandi setiap kali Anda selesai membereskan ruangan, dan pastikan tubuh cukup istirahat, serta perbanyak minum air putih. Tubuh lemas berisiko menyebabkan Anda sakit setelah pindahan.

Lakukan pindahan di pagi hari

Pindahan akan lebih nyaman dilakukan di pagi hari, sehingga Anda masih semangat menjalankannya. Pindahan saat pagi juga menghindari adanya kemacetan. Jadi, jadwalkan waktu berberes selesai sejak pukul 20.00 lalu Anda bisa mulai pindah pada pukul 07.00 esok paginya.

(Simak juga: Ini Cara Bikin Nyaman Rumah Baru)

Foto: Pixabay

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini