Sukses


Cara Hemat Berbelanja Furnitur dan Aksesoris ala Rumah.com

Agar kegiatan berbelanja Anda di penghujung tahun bermanfaat maka simak tips berbelanja furnitur dan aksesoris rumah dengan hemat.

Liputan6.com, Jakarta Kehebohan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) yang berlangsung pada 12 Desember lalu, secara tidak langsung menunjukkan bahwa antusias masyarakat Indonesia untuk berbelanja tergolong tinggi.

Tidak sedikit masyarakat yang mengincar momen belanja secara online tersebut karena iming-iming tawaran diskonnya yang menggiurkan. Selain Harbolnas, jelang akhir tahun seperti ini memang musimnya promosi potongan harga, tengok saja sejumlah perusahaan ritel yang gencar dengan berbagai program diskonnya.

Salah satu perusahaan ritel yang juga menawarkan promosi adalah IKEA Alam Sutera. Bahkan perusahaan penjual furnitur dan aksesoris rumah tangga kenamaan ini sangat serius membuat program promosi yang akan berlangsung hingga 10 Januari 2017 mendatang.

Momen seperti ini memang sangat membantu bagi Anda yang hendak mengganti furnitur usang dengan yang baru, atau juga untuk Anda yang ingin melakukan eksperimen ide interior baru. Ya, membantu karena program seperti ini bisa membuat Anda berhemat banyak.

Namun agar kegiatan berbelanja Anda tidak kebablasan hingga malah berujung jadi pemborosan maka simak tips berbelanja furnitur dan aksesoris dengan hemat seperti dikutip dari laman rumah.com berikut ini:

Periksa semua kondisi furnitur rumah Anda

Langkah pertama, sebaiknya periksa dahulu kondisi furnitur rumah Anda. Beberapa furnitur rumah mungkin memang ada yang masih bisa digunakan. Namun wajib diganti jika fungsi dan fisiknya mengalami kerusakan.

Furnitur yang wajib diganti jika kondisi fisiknya rusak atau tidak berfungsi antara lain; closet, sink, cermin, dan keramik. Furnitur dan aksesoris tersebut wajib diganti sebab jika didiamkan selain akan membahayakan penghuni juga memang memiliki fungsi.

Misalnya saja closet atau cermin yang mengalami keretakan sebaiknya harus diganti dengan yang baru. Bila didiamkan, closet akan mengalami kerusakan lebih parah, atau serpihan cermin juga akan membuat luka bagi penghuni.

Kemudian, setelah diperiksa secara keseluruhan, buatlah daftar furnitur atau aksesoris yang hendak dibeli. Hal ini penting agar Anda bisa memprediksikan jumlah uang yang akan dikeluarkan.

Browsing informasi harga jual lewat media online

Langkah kedua adalah mencari informasi lewat media online. Pencarian atau browsing yang dilakukan bisa berupa informasi seputar harga atau spesifikasi produknya. Lagi-lagi ini akan membantu Anda untuk menyusun anggaran pengeluaran.

Testimoni yang dibuat pada sosial media biasanya juga cukup obyektif dan spontan. Sehingga Anda bisa menjadikan setiap pengalaman orang lain dalam menggunakan furnitur yang hendak Anda beli sebagai referensi.

Pilih yang hemat energi

Mengganti furnitur atau perabot rumah tangga sebaiknya juga yang memiliki daya tahan yang baik dan juga hemat energi. Misalnya seperti pendingin ruangan, lampu LED, mesin cuci, alat setrika pakaian, dan masih banyak lagi.

Perabot atau furnitur yang memiliki daya tahan yang baik dan hemat energi akan menolong Anda untuk mengatur biaya operasional di setiap harinya dan juga memperpanjang masa penggunaannya.

Pilih furnitur atau perkakas yang multifungsi

Sekali lagi, utamakan memilih furnitur atau perkakas berdasarkan fungsinya. Fungsi sebuah barang sangat ditentukan dari kebutuhan Anda dan juga kondisi ruangan di rumah.

Jika ukuran rumah Anda cukup minimalis, hindari pemilihan perabotan yang berukuran besar. Bahkan jika furnitur atau perkakas rumah bersifat multifungsi, akan lebih baik diterapkan.

Foto: masterjewellers.co.uk

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini