Sukses


Ragam Inovasi Teknologi Ini Permudah Jual Properti

Jika selama ini broker hanya memanfaatkan iklan melalui koran atau televisi, maka kini iklan properti mengalami revolusi besar

Liputan6.com, Jakarta Kemajuan teknologi yang berkembang dengan pesat memberikan dampak positif untuk beberapa hal, tidak terkecuali di industri properti. Selain mempermudah proses pencarian properti melalui portal website, para broker juga bisa memanfaatkan layanan properti online untuk mempermudah aktivitas keseharian mereka.

Jika selama ini broker hanya memanfaatkan iklan melalui koran atau televisi, maka kini iklan properti mengalami revolusi besar dengan pengaruh dari teknologi.

“Ada empat inovasi digital yang mempermudah penjualan properti. Yang pertama adalah virtual realty, yaitu tur virtual dengan pemandangan 360 derajat untuk memasuki sebuah properti,” papar Kunal Bagga, selaku pendiri e Property Track.

Di acara seminar Rumah.com Professional Property Summit 2016 yang berlangsung Kamis (8/12) di Soehanna Hall, The Energy Building SCBD Jakarta, Kunal menjelaskan beberapa inovasi digital terbaru yang bisa dimanfaatkan untuk mempermudah penjualan properti

Kunal Bagga memaparkan ragam vendor penyedia kacamata Augmented Realty

“Melalui video virtual tur, maka konsumen bisa merasa seperti ada di dalam properti tersebut. Fitur zoom in dan zoom out yang tersedia juga membuat konsumen melihat properti lebih dekat seperti berjalan di dalam ruangan. Kamera 360 ini juga sudah banyak di jual di pasaran dengan harga dan vendor yang bervariatif.” tambah Kunal.

Selain itu, ada pula kaca mata Augmented Reality yang memberi pengalaman baru seperti berkunjung ke dalam properti tersebut. “Tidak hanya melihat, konsumen juga bisa memindahkan perabot secara visualisasi dengan pilihan fitur yang tersedia. Namun harga per unitnya sedikit lebih mahal ketimbang kamera 360,” ujarnya.

Kunal juga menjelaskan mengenai Chat bot war, yaitu aplikasi percakapan (chatting) yang bisa membalas dengan otomatis. Dengan aplikasi chatting ini maka akan mempermudah pekerjaan agent ketika berkomunikasi dengan calon pembelinya.

Untuk mempermudah broker properti memasarkan unit pilihan secara real time dan informatif, ada aplikasi e property track yang kini telah bekerjasama dengan Rumah.com.

Contohnya untuk penjualan apartemen atau perkantoran, e-Property track dengan mudah memantau unit mana yang sudah terjual dan belum, dengan begitu, proses booking akan lebih praktis dan real time.

“Tanpa harus datang ke marketing gallery, calon pembeli bisa melihat informasi setiap unit yang di jual beserta floor plan-nya dengan jelas. Mereka juga bisa memilih unit mana yang masih tersedia untuk dibeli sehingga proses jual beli menjadi lebih cepat,” tutup Kunal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini