Sukses


Ingin Menanam Rempah di Rumah? Ini Caranya!

Bagi Anda yang ingin menanam tanaman rempah di rumah namun memiliki kendala keterbatasan lahan, maka berikut adalah solusinya.

Liputan6.com, Jakarta Bagi Anda yang suka memasak sekaligus berkebun, memiliki ruang di rumah yang bisa dimanfaatkan untuk menanam rempah pasti akan menyenangkan. Selain bisa dimanfaatkan untuk menambah citarasa masakan, wangi rempah yang tercium di pagi hari tentunya akan memberikan sensasi tersendiri.

Sebetulnya tidak masalah jika Anda ingin menanamnya di rumah, termasuk juga jika Anda tinggal di dalam apartemen yang tidak memiliki ruang luar, tanaman-tanaman ini tetap bisa tumbuh di dalam ruangan.

Simak juga: Teknik Menanam Ragam Sayuran di Dalam Rumah

Penempatan terbaik untuk meletakkan tanaman ini adalah di dapur, karena Anda bisa langsung menggunakannya ketika hendak memasak. Jangan khawatir jika ternyata tidak ada tempat lagi di dapur, Anda bisa meletakkannya di sudut manapun di rumah asalkan tetap terkena sinar matahari.

Dan sebagai panduan, ikuti langkah-langkah dari Rumah.com berikut ini.

1. Cari tempat terbaik untuk tanaman rempah

Tanaman jenis ini butuh cahaya alami sebanyak mungkin. Jadi letakkan pot tanaman ini di tempat yang terkena sinar matahari langsung, paling tidak 4 jam dalam satu hari. Jendela yang menghadap ke selatan atau barat daya merupakan tempat yang terbaik.

Mungkin akan sedikit sulit untuk mendapatkan cahaya jika diletakan di jendela yang menghadap ke utara. Tidak yakin sudut mana yang tepat? Tes di pagi hari untuk mematikan seluruh lampu di rumah dan cari bagian mana yang terkena sinar matahari.

2. Perhatikan saluran pembuangan air

Tanaman rempah yang terendam air akan membuat akarnya membusuk sehingga tanaman menjadi rusak. Untuk itu pilih pot yang memiliki lubang pada bagian bawahnya dan pastikan untuk menggunakan piring, mangkuk, panci, atau alas apapun di bawah pot untuk menampung air dan melindungi permukaan tanaman.

Pot yang terbuat dari tanah liat memang dapat mengalirkan air dengan cepat, namun jika Anda tinggal di kota dengan iklim yang kering maka bisa jadi tingkat kelembaban tanah justru akan berkurang. Gunakan wadah kaca atau plastik agar bisa menjaga air lebih baik.

3. Jaga sirkulasi udara

Cara lain untuk menjaga kelembaban adalah dengan meletakkan tanaman di atas nampan berkerikil yang sudah diisi air. Jika terdapat jamur pada tanaman rempah Anda, letakkan sebuah kipas di dekat pot agar dapat menjaga sirkulasi udara dengan konsisten.

4. Tanaman rempah cocok dengan udara dalam ruangan

Salah satu keuntungan menanam tanaman rempah adalah karena tanaman ini menyukai suhu yang sama seperti manusia. Jika Anda merasa nyaman dengan suhu saat ini maka tanaman tersebut pasti juga akan dapat berkembang dengan baik.

Khusus untuk tanaman basil agak sedikit lebih rumit karena tanaman ini bisa berkembang jika terkena sinar matahari yang hangat namun akan terkulai dan memudar di udara dingin.

Jika memang udara di malam hari lebih dingin dari udara di siang hari, pindahkan posisi pot tanaman dari dekat jendela ke sisi lain yang lebih hangat.

 

Foto: Pixabay

Mita Agustina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini