Sukses


Tips Bikin Pesta Ultah Murah Meriah untuk Anak

Masalahnya merayakan pesta ulang tahun jelas butuh bujet dan persiapan. Agar pesta berjalan lancar, aman, dan irit, ini tipsnya.

Liputan6.com, Jakarta Sulit menolak keinginan anak untuk merayakan ulang tahunnya, terutama bagi anak usia kanak-kanak. Bisa jadi, ini adalah hari paling istimewa yang ia tunggu sepanjang tahun.

Segala letih dan repot yang telah orang tua lakukan untuk menyelenggarakan ulang tahun anak akan terhapus saat melihat anak tertawa riang saat teman-temannya bermain ke rumah dan memberikan hadiah.

Masalahnya merayakan pesta ulang tahun jelas butuh bujet dan persiapan. Agar pesta berjalan lancar, aman, dan bujetnya terkontrol, Rumah.com melansir cara ini.

Masak sendiri

Untuk beberapa jenis makanan, memasak sendiri jelas lebih murah. Memang Anda akan lebih lelah menyiapkannya, tapi sebanding jika melihat anak ikutan senang.

Lagipula pesta untuk anak kecil biasanya tak membutuhkan banyak jenis makanan. Siapkan saja satai buah yang bisa dicelupkan ke dalam cokelat cair, nasi goreng sebagai makanan besarnya, dan jus buah segar untuk minumannya.

Tak perlu barbecue

Bedakan pesta untuk anak dengan pesta untuk komunitas Anda. Tak perlu menyiapkan pesta barbecue heboh di halaman.

Beberapa jenis makanan barbecue justru tak cocok untuk anak, dan ada risiko anak terpapar asap atau bara api.

Siapkan kertas kosong

Isi kegiatan pesta dengan tema seni—sehingga bujetnya lebih murah—misalnya menggambar bersama. Untuk itu siapkan kertas atau kanvas sebagai tempat setiap anak untuk menorehkan kemampuan menggambarnya.

Sediakan krayon atau pensil warna yang minim zat kimia—sehingga jika tak sengaja menodai dinding atau lantai bisa cepat dibersihkan. Menyediakan kertas bertujuan untuk mencegah anak mencoret dinding.

Adakan pesta di taman kompleks

Perumahan-perumahan baru sudah banyak yang menyediakan taman warga atau taman bermain anak. Gunakan area ini sebagai lokasi pesta lalu bentuk dua grup.

Anda bisa mengadakan berbagai lomba layaknya pesta 17 Agustus. Selain membuat anak lebih sehat dengan aktivitas fisik, mereka juga langsung siap menyantap makanan yang Anda sajikan.

Tutup area tangga

Bila Anda mengadakan pesta di dalam rumah, tutup area tangga untuk memastikan tidak ada anak yang bolak-balik di sekitar tangga.

Hal ini untuk mencegah ada anak yang cedera, karena tak selamanya orangtua atau pengasuh memerhatikan mereka.

Singkirkan pula meja yang tingginya sepantar dengan anak untuk mencegah kepala mereka terbentur. Lebih baik biarkan ruangan dalam kondisi kosong.

(Simak juga: Cara Tepat Ajak Anak Belajar Bersihkan Rumah Sejak Dini)

Foto: Stocksnap

 Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini