Sukses


Pasang Lukisan di Dinding Juga Ada Aturannya

Lukisan sering digunakan untuk mempercantik tampilan ruang dalam rumah. Sayangnya tidak semua orang tahu cara menata lukisan yang benar.

Liputan6.com, Jakarta Lukisan sering digunakan untuk mempercantik tampilan ruang dalam rumah. Sayangnya tidak semua orang tahu cara menata lukisan yang baik dan benar.

Kebanyakan orang hanya sembarang memajang lukisan. Padahal ada beberapa hal penting yang harus dipertimbangkan sebelum menata lukisan.

Dengan begitu tak hanya bernilai estetis, tapi juga bisa dinikmati penghuni dan tamu. Berikut beberapa tips menata lukisan dinding yang benar, seperti dikutip dari Rumah.com.

Ukur dahulu

Ukurlah bidang dinding yang akan dipajang lukisan. Pastikan dinding tidak lebih kecil dari lukisan atau sebaliknya, sehingga tidak terkesan memaksa ruang.

Tandai dengan kapur tulis pada dinding sebelum dibor. Setelah itu, barulah lukisan-lukisan itu Anda gantung di dinding.

Buat Sketsa Penataan

Jika Anda berencana menempatkan lebih dari satu lukisan pada dinding ruang, Anda harus memperhatikan jarak penempatan setiap gambar.

Karena itu, sebaiknya buatlah sketsa penempatan lukisan terlebih dahulu. Tujuannya untuk mempermudah saat pengerjaan sehingga bagian-bagian yang perlu dibor untuk pengait sudah ketahuan pasti letaknya.

Dahulukan Lukisan Besar

Lukisan berukuran besar sebaiknya ditampilkan sendiri tanpa terlihat terlalu dominan. Anda bisa meletakkannya di titik inti ruangan sehingga menjadi fokus mata tamu saat masuk ke rumah Anda, misalnya pada atas sofa ruang tengah, di dinding kosong ruang makan.

Setelah lukisan besar terpajang Anda bisa memajang lukisan lain yang ukurannya lebih kecil. Lukisan berkuruan lebih kecil cenderung lebih bermakna ketika dipasang bersama-sama.

Berikan jarak antarlukisan, sekitar 2 inci. Tempatkan lukisan-lukisan kecil secara acak namun tetap berkelompok, misalnya seseuai warna atau tema sehingga memberi kesan modern dan lukisan menjadi kesatuan cerita.

Atur lukisan secara secara proporsional, sehingga tak membosankan dan menunjukkan kepribadian Anda yang dinamis dan berjiwa seni.

Pilih bingkai yang sesuai.

Sesuaikan bingkai lukisan dengan konsep ruangan secara keseluruhan. Jika Anda bingung memilih bingkai gunakan bingkai berwarna putih atau hitam yang dapat diterapkan pada semua warna dan tema dinding.

Hindari kesalahan umum

Kesalahan umum yang kerap terjadi, bingkai lukisan atau foto digantung terlalu tinggi membuat orang harus mendongakkan leher secara penuh.

Lukisan tidak harus dipajang di atas kita. Diletakkan sejajar dengan kita pun dapat menjadi lebih indah.

(Simak juga: 8 Ide Segar Manfaatkan Tembok Rumah yang Melompong)

Foto: Pixabay

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini