Sukses

Atasi Shower Mampet dengan Cara Ini

Liputan6.com, Jakarta Anda yang memiliki kamar mandi dengan shower, mungkin pernah terkendala dengan aliran shower yang mampet.

Mampetnya aliran pada lubang-lubang shower biasanya terjadi karena penumpukan kerak. Ini wajar saja, karena itu shower perlu dibersihkan secara berkala.

Ada beberapa cara mudah untuk membersihkan shower. Nggak mahal, kok. Kita bisa memanfaatkan barang-barang yang ada di rumah, seperti cuka yang biasanya tersedia di dapur Anda. Caranya:

Campurkan satu cangkir cuka dengan 1 liter air. Rebus campuran cuka dan air hingga mendidih. Setelah mendidih rendam shower head selama kurang lebih 1-2 jam, tergantung seberapa banyak endapan kerak.

Setelah direndam nantinya endapan kerak akan lepas dengan sendirinya dari lubang-lubang dalam shower. Usai direndam sikat bagian shower dengan sikat lembut untuk menghilangkan bau cuka.

Perhatikan! Untuk shower head berbahan plastik, campuran cuka dan air tidak perlu direbus. Anda bisa langsung merendamnya.

Jika shower Anda tertanam di dinding, Anda bisa mengakali dengan menggunakan plastik. Taruh campuran cuka dan air di dalam plastik.

Lalu, ikatkan plastik berisi campuran cuka pada shower di dinding hingga shower terendam (seperti mengikat mangga yang menguning pada pohon). Ikat kuat lalu biarkan selama 2 jam atau semalaman. Setelahnya bilas hingga bersih.

Selain membersihkan kepala shower, Anda juga harus membersihkan bagian filter air. Filter ini berfungsi menyaring kotoran dalam air.

Biasanya bagian filter terletak di antara kepala shower dan pipa. Anda harus melepasnya terlebih dulu, lalu lepaskan filternya. Rendam filter dalam cuka yang dipanaskan, lalu sikat dan bilas dengan air bersih.

Selain cuka, Anda bisa menggunakan soda dan perasan jeruk lemon. Cara penggunaannya sama dengan petunjuk di atas.

Air lemon, bisa Anda tambahkan dengan air bersih. Anda membutuhkan sekitar 3-5 lemon untuk diperas dan dicampurkan dengan air.

Campuran cuka dan air ampuh membersihkan kerak pada shower. Namun, larutan ini tidak bisa membersihkan shower yang mampet karena kotoran seperti pasir-pasir halus karena air yang kotor.

Jika shower mampet karea kotoran dari aliran air, sebaiknya Anda bersihkan dari saringan di dalam keran.

(Simak juga: Langkah Tepat Cegah Saluran Cuci Piring Mampet)

Foto: Pixabay

Sumber: Rumah.com

Rina Susanto

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua