Sukses

Menang Tipis, Tampuk Kepemimpinan REI Diduduki Soelaeman S

Liputan6.com, Jakarta Gelar acara pemilihan terbuka untuk posisi ketua umum Asosiasi Real Estate Indonesia (REI) periode 2016-2019 di Hotel Fairmont Jakarta, Rabu malam, mengumumkan nama Soelaeman Soemawinata sebagai pemenang.

Setelah sebelumnya, Soelaeman yang akrab disapa Eman pernah menduduki posisi Ketua DPD Real Estate Indonesia (REI) Banten sekaligus Komisaris PT Delta Mega Persada (DMP).

Ia sukses mengalahkan pesaing terdekatnya yakni Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP REI periode 2013-2016, Hari Raharta Sudrajat, dalam acara Musyawarah Nasional Realestate Indonesia (Munas REI) ke XV.

Soelaeman berhasil mengantongi 98 suara dari total 189 pemilih, sementara Hari kalah tipis dengan 91 suara.

(Simak juga: REI Usulkan Karyawan Gaji 7 Juta Boleh Beli Rumah Subsidi)

Dalam acara tersebut, Eman selaku ketua baru REI berjanji tidak akan membedakan antara pengembang besar dengan pengembang kecil.

Bahkan, hasil sosialisasi dan berkeliling ke DPD REI di daerah di Indonesia, ia menemukan masih banyak ketimpangan dan gap kebutuhan antara pengembang di daerah dan di Jakarta.

“Pengembang di setiap daerah ternyata hanya berpikir sederhana, yakni bagaimana agar usahanya tumbuh dan tetap berjalan,” kata dia melalui siaran pers yang diterima Rumah.com.

Oleh karenanya, Eman berjanji target utamanya di REI adalah menuntaskan masalah pendanaan pengembang di daerah untuk memenuhi kebutuhan rumah masyarakat dan juga program pemerintah dalam mendorong sejuta rumah.

“Fokus kami adalah bagaimana pengembang di daerah ini tidak kena kredit macet dan proyeknya tetap jalan,” imbuhnya.

Tentunya, sambung Eman, upaya itu harus disinergikan dengan perbankan di daerah maupun di pusat. “Seperti dengan Bank Tabungan Negara (BTN) yang selama ini memiliki pengalaman dalam penyaluran kredit di sektor properti,” jelasnya.

Profil Soelaeman Soemawinata

Nama Lengkap: Ir Soelaeman Soemawinata MM

Tempat Tanggal Lahir: Bogor, 13 Oktober 1962

Pendidikan

  • S-1, Institut Teknologi Bandung, Jurusan Teknik Planologi (1981-1988)
  • S-2, Prasetiya Mulya Business School, Jurusan Strategic Management
    (2006-2008)

Jabatan saat ini

  • Direktur Utama PT Kadipaten Banten Realty
  • Komisaris Utama PT Bumi Cendana Indah
  • Komisaris PT Alfa Goldland Realty
  • Ketua DPD REI Provinsi Banten
  • Anggota Dewan Penasihat Kadin Provinsi Banten
  • Ketua Ikatan Alumni Planologi ITB
  • Direktur PT Bukit Indah Padang Golf

Dibuka Presiden Jokowi

Musyawarah Nasional Real Estate Indonesia (REI) XV, pada Selasa malam, turut dihadiri dan dibuka Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Di kesempatan tersebut, ia meminta seluruh anggota (REI) untuk bekerja dan fokus menjalankan program pembangunan rumah untuk rakyat, sehingga seluruh rakyat Indonesia dapat memiliki tempat tinggal yang layak huni.

Hal itu perlu dilakukan mengingat tingginya jumlah backlog perumahan di Indonesia yang mencapai sekitar 11 juta.

“Tadi saya sempat tanya ke Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk backlog (kesenjangan kebutuhan perumahan-red) sekarang sudah ada berapa, ternyata sudah mencapai 11 juta unit.”

“Ini tentu angka yang sangat besar sekali dan ini harus kita kejar agar kekurangannya nanti bisa segera kita tutup. Apalagi saat ini modal ekonomi kita sudah cukup kuat untuk mengembangkan sektor properti,“ tutur Jokowi.

Foto: Istimewa

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua