Sukses

5 Hal yang Perlu Dipertimbangan untuk Ruang Tamu Minimalis

Liputan6.com, Jakarta Tidak sedikit orang yang kesulitan saat mendesain ruang tamu dengan alasan luasnya yang terbatas. Padahal, tidak ada yang harus dicemaskan terhadap ukuran ruang yang terbatas.

Joke Roos, Desain Interior dari Studio Air Putih menuturkan, dalam mendesain ruangan hal yang harus diperhatikan adalah bagaimana menjadikan sebuah ruangan bisa memiliki fungsi.

“Tidak ada batasan untuk menonjolkan fungsi ruangan. Baik yang berukuran besar maupun kecil, bisa disiasati dengan cara memilih hal-hal yang tepat seperti furnitur, aksesoris, hingga warna,” ucap Joke seperti dilansir dari Rumah.com.

Kendati ukuran ruang tamu terbatas atau minimalis, nampaknya akan tetap menjadi tren hunian di Indonesia. Sebab, ukuran bangunan modern yang berkembang saat ini sudah mulai menyempit, yakni berkisar 3m x 3m hingga 4m x 2,8m.

Hal tersebut dikarenakan kondisi lahan yang terbatas serta tingginya harga tanah. Beberapa wilayah yang mengalami keterbatasan lahan adalah Jakarta, Depok, dan Kota Bogor. Sehingga wilayah-wilayah tersebut sudah mulai menggeser jenis hunian tapak menjadi hunian vertikal.

Sekali lagi, Joke mengingatkan agar masyarakat yang memiliki ukuran ruang hunian terbatas untuk tidak berkecil hati. “Furnitur atau aksesoris yang mahal tidak selamanya memenuhi fungsi yang tepat pada ruangan. Artinya, masih banyak cara bila tidak ingin menguras budget. Misalnya dengan tetap memperhatikan hal sebagai berikut:” katanya.

(Simak juga: Daftar Rumah Minimalis klik di sini)

Perhatikan pemilihan tata letak furnitur sesuai bentuk ruangan

“Bagi ruang dengan ukuran sisi sama panjang, dengan begitu Anda bisa menata letak furnitur seperti kursi atau meja dengan diagonal. Namun, dengan catatan tidak terlalu banyak aksen atau dalam jumlah yang banyak,” paparnya.

Perhatikan material furnitur dan aksesoris yang digunakan

“Penerapan desain ruang yang baik adalah yang bisa menerapkan furnitur atau aksesoris dengan material yang lebih tahan lama. Misalnya dengan menggunakan material kursi yang anti rayap atau besi yang tak mudah berkarat.

Sebenarnya Anda memiliki kebebasan untuk memilih material furnitur yang hendak dipakai. Tapi hanya pastikan bahwa materialnya tidak membawa kerusakan dalam jangka panjang,” ucap ibu dua anak ini.

Agar menambah rasa nyaman dan hangat pada ruang tamu, Anda juga bisa menambah aksesoris seperti karpet atau parket pada lantai. Selain itu, terapkan juga bantal-bantal kecil pada kursi atau sofa mungil di ruangan tersebut.

Bisa menambahkan kaca pada dinding ruang

Selanjutnya adalah menyiasati ruangan dengan menggunakan aksesoris kaca pada dinding ruangan. Efek kaca atau cermin bisa memberikan kesan luas terhadap ruangan. Sehingga, apabila furnitur yang digunakan berukuran sedikit besar, Anda tidak merasa terlalu sesak.

Perhatikan pemilihan warna dinding

Selain menggunakan kaca atau cermin, pemilihan warna dinding juga turut memberikan efek luas pada ruang tamu. Pilihlah warna yang netral terang seperti putih atau putih tulang (broken white). Warna itu memberikan kesan hangat dan nyaman. Bahkan, warna putih juga bisa memberikan kesan dingin bagi ruangan kecil dan gelap.

Buat ruang tamu menjadi multifungsi

Terakhir adalah menjadikan ruang tamu menjadi ruang multifungsi yang menarik. Ruangan ini tidak hanya sekedar menerima tamu, tetapi juga bisa menjadi ruangan menjamu tamu yang menarik. Misalnya bikin tamu Anda bisa membaca sembari minum kopi atau teh.

Ya, ruang tamu juga bisa didesain dengan penambahan sejumlah tempat penyimpanan yang bisa berguna untuk menunjang kegiatan di ruang tersebut.

Misalnya, dengan desain pemilihan meja cofee shop atau rak buku seperti perpusatakaan mini di dalam rumah.

Contoh desain ruang tamu minimalis:

Pemilihan warna putih pada sofa, dan meja yang multi storage. (houzz.com)

Contoh desain kursi dan meja untuk ruang tamu minimalis

Konsep ruang tamu bergaya Jepang untuk ruangan minimalis.

Ruang tamu minimalis bergaya Eropa di Apartemen Atlanta Residence.

Contoh rak buku yang bisa digunakan untuk ruang tamu (houzz.com)

Ruang tamu dengan menerapkan bantal-bantal pada sofa (houzz.com)

 

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua