Sukses

5 Tips Manfaatkan Jasa Pindah Rumah

Liputan6.com, Jakarta Pindah rumah adalah suatu peristiwa menyenangkan dalam hidup. Bisa jadi rumah baru Anda adalah rumah idaman selama ini, atau lingkungan Anda pindah adalah sesuatu yang Anda idam-idamkan jauh-jauh hari.

Namun, tidak jarang proses pindah rumah ini membuat Anda stres, mulai dari menyiapkan barang, mengepak, hingga memindahkannya ke rumah baru.

Nah, untuk memudahkan, Anda bisa menyewa jasa pindahan sehingga proses pindah rumah lebih efektif dan mengurangi stres. Namun, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan jasa pindah rumah. Berikut tipsnya:

Cari Rekomendasi dari Agen Rumah

Agen profesional akan memberikan informasi seputar rumah idaman, sekaligus kondisi lingkungan sekitarnya. Minta rekomendasi dari teman yang telah berpengalaman pindah rumah.

Minta saran, mulai dari kelebihan dan kekurangan. Jika sesuai, Anda bisa lanjut ke tahap selanjutnya.

Menghubungi Penyedia Jasa Pindah Rumah

Anda bisa menghubungi penyedia jasa pindah rumah via telepon atau datang langsung ke kantornya. Cocokkan kebutuhan Anda, mulai dari jarak tempuh hingga kecocokan biaya.

Pastikan juga Anda menghubungi penyedia pindah rumah yang tepat, maksudnya mereka sendiri yang akan melakukan pekerjaan pindahan untuk Anda, bukannya mengoper pada orang lain.

Akan lebih baik lagi jika penyedia jasa tersebut telah berpengalaman lebih dari sepuluh tahun dalam urusan pindah rumah.

Membuat Penilaian

Sebelum pindah rumah, Anda perlu meminta jasa pindah rumah untuk membuat penilaian terhadap barang pindahan Anda. Untuk itu Anda perlu menyiapkan barang-barang yang akan Anda pindahkan.

Penilaian pun sebaiknya dilakukan sebelum Anda pindah dan setelah muncul estimasi harga Anda langsung mengeksekusi kepindahan Anda.

Anda memiliki hak untuk meminta satu atau dua perusahaan untuk melakukan penilaian. Sebaiknya, jangan pilih perusahaan yang memberikan estimasi harga berdasarkan besaran meter kubik saja.

Anda pun bisa memilih perusahaan dengan pilihan harga terbaik dengan pelayanan sesuai dengan kebutuhan Anda.

(Simak juga: Kesalahan yang Kerap Terjadi Saat Pindah Rumah)

Buat Kesepakatan

Setelah segala sesuatunya sesuai, Anda bisa membuat kesepakatan dan kecocokan harga. Saat menandatangani kontrak, pastikan detail yang ada Anda baca dengan baik dan jangan terima kontrak kosong. Anda pun perlu memastikan tanggal kepindahan Anda.

Setelah semua dijalankan dengan baik. Anda dapat pindahan dengan tenang dan nyaman. Namun pastikan bahwa Anda mendampingi tenaga jasa pindah rumah pindahan Anda.

Itu karena barang-barang yang Anda pindahkan tentu Anda sendiri yang mengetahui penanganan terbaiknya.

Foto: Pixabay

Sumber: Rumah.com

Rina Susanto

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua