Sukses

Tinggal Dekat Rumah Orangtua Banyak Untungnya

Liputan6.com, Jakarta Begitu menikah, Anda boleh lega akhirnya terbebas dari peran orangtua. Ya, minimal Anda tak lagi sepenuhnya bergantung kepada mereka—terutama dalam mengambil keputusan.

Untuk urusan finansial atau karier, Anda mungkin bisa sepenuhnya jauh dari orangtua. Tapi, untuk urusan memilih rumah, tak ada salahnya Anda membeli rumah yang letaknya tak terlalu jauh dari rumah mereka—terutama jika Anda berada di satu kota.

Seperti dikutip dari Rumah.com, berikut ini adalah jawaban kenapa sebaiknya rumah Anda berdekatan dengan rumah orangtua atau keluarga lainnya.

Gampang pindahan

Bukan rahasia lagi jika memiliki rumah baru, Anda akan mendapatkan limpahan barang dari orangtua Anda.

Tak hanya piring klasik milik ibu, bisa jadi ayah akan menghadiahkan beberapa mebel yang menurutnya memiliki kondisi yang masih layak pakai.

Jika menolak jelas tak enak, mau tak mau Anda harus menerimanya. Nah, bila rumah Anda berjarak cukup jauh dari rumah ortu, terbayang, kan, betapa repotnya memindahkan barang-barang ini. Rumah yang berdekatan jauh lebih mudah.

Menggunakan orang kepercayaan

Belum punya ART (Asisten Rumah Tangga), tukang kebun, atau ahli bangunan untuk membereskan rumah Anda. Bila rumah Anda dekat dengan ortu, Anda tinggal menghubungi tukang langganan mereka.

Bahkan, ART atau tukang ini tak akan punya alasan untuk menolak permintaan Anda. Selain karena rumahnya berdekatan, orangtua pun bisa mengawasi cara kerja mereka.

Mudah menitipkan rumah

Saat Anda dan pasangan harus menjalani dinas kerja di luar kota dalam jangka waktu yang cukup lama, atau setiap hari pulang malam karena banyaknya tugas kerja, Anda tak perlu khawatir rumah dalam kondisi kotor.

Dengan bantuan orangtua atau keluarga, rumah masih dapat diawasi kondisinya. Anda pun bisa meminta bantuan mereka untuk membersihkan rumah.

Hemat transport

Setiap minggu wajib ke rumah orangtua atau setiap hari raya harus berkumpul di rumah orangtua.

Tidak masalah, Anda hanya membutuhkan waktu sebentar untuk mampir ke rumah orangtua Anda. Tak perlu, deh, buang-buang tenaga dan waktu untuk mengunjungi rumah mereka.

Mudah mengawasi anak

Inilah yang paling penting, Anda akan mudah menitipkan anak saat harus bekerja atau pergi untuk menjalankan tugas di luar kota.

Orangtua tak akan keberatan membantu mengasuh anak untuk sementara. Lagi-lagi Anda berhemat untuk tak perlu mengeluarkan biaya membayar day care.

(Simak juga: Generasi Millennial Pilih Tinggal dengan Orangtua)

Foto: Pixabay

Rina Susanto

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua