Sukses


Atasi Kulkas Bau Dengan 4 Bahan di Dapur Anda

Kulkas memang mudah menimbulkan bau. Untuk mengatasinya, gunakan bahan-bahan yang ada di dapur Anda.

Liputan6.com, Jakarta Kulkas atau lemari es adalah peralatan elektronik yang wajib Anda miliki untuk mempertahankan kesegaran dan keawetan bahan makanan.

Namun, tidak jarang kulkas mengeluarkan bau tidak sedap yang membuat Anda merasa tidak nyaman.

Ada beberapa cara mudah untuk menghilangkan bau dalam kulkas. Adapun caranya, seperti dikutip dari Rumah.com, adalah sebagai berikut:

Soda Kue

Soda kue atau baking soda adalah bahan alami yang biasa digunakan untuk berbagai keperluan. Selain untuk membersihkan noda di kulkas, Anda juga dapat menggunakannya untuk menghilangkan bau dalam kulkas.

Caranya sederhana, Anda hanya perlu menempatkan soda kue pada wadah terbuka dan masukkan ke dalam kulkas.

Sementara, jika Anda juga berminat untuk menggunakannya sebagai bahan pembersih kulkas, Anda hanya perlu melarutkannya pada setengah gelas air dan bisa langsung digunakan.

Biji Kopi

Biji kopi dikenal secara alami dapat menyerap bau-bauan tidak sedap. Untuk menggunakannya pada kulkas, Anda dapat menaruh biji kopi kering ke dalam mangkuk kecil.

Tempatkan mangkuk-mangkuk kecil tersebut di tiap level rak pada kulkas. Anda dapat menempatkannya di ujung agar tidak memenuhi tempat saat Anda memasukkan bahan makanan Anda. Dalam beberapa hari, kulkas Anda akan hilang baunya.

Karbon Aktif

Karbon aktif dapat Anda temukan dalam briket karbon. Namun perlu diperhatikan, bahwa briket karbon yang dipilih bukanlah briket yang dapat terbakar.

Sama seperti biji kopi, briket karbon bekerja dengan menyerap bau-bauan yang tidak sedap. Anda dapat menempatkannya pada mangkuk-mangkuk kecil dan menaruhnya semuanya ke dalam kulkas.

Atur suhu Anda ke level rendah untuk mengoptimalkan kerja karbon. Untuk mendapatkan karbon aktif, Anda dapat membelinya di toko obat atau hewan.

Setelah digunakan, Anda pun dapat menggunakan kembali karbon tersebut dengan memanaskannya pada suhu tinggi.

Biji Gandum

Selain enak diolah menjadi makanan, biji gandum juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau yang ada. Tempatkan pada wadah atau mangkuk terbuka dan masukkan ke dalam kulkas.

Anda hanya perlu menutup kulkas dan tidak membiarkannya terbuka dalam waktu lama. Dalam beberapa hari, bau kulkas Anda akan menghilang.

Namun begitu, cara-cara tersebut tidak akan maksimal khasiatnya jika Anda tidak rutin membersihkan dan mengecek kulkas Anda setiap minggu.

Pastikan Anda membuang makanan yang telah kedaluwarsa dan menempatkan makanan sesuai dengan ketahanannya, seperti di freezer atau di kotak penyimpanan. Buang juga air pembuangan kulkas yang biasa Anda temukan di bawah pintu kulkas.

(Simak juga: Manfaat Lain Kulkas yang Belum Anda Ketahui)

Foto: Pixabay

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini