Sukses

Inilah Penyebab Cepat Habisnya Uang Anda

Liputan6.com, Jakarta Tahukah Anda bahwa beberapa jenis pengeluaran, tanpa Anda sadari, ternyata merupakan sumber kebocoran uang Anda selama ini? Ya, tanpa terasa kita sebenarnya banyak melakukan banyak pemborosan lewat benda-benda yang kita gunakan atau aktivitas yang dilakukan setiap hari.

Padahal, jika Anda mampu mengelola pengeluaran tersebut, Anda jadi bisa menghemat dan menabung sehingga selanjutnya bisa dimanfaatkan buat dana liburan, renovasi rumah, atau malah jadi DP rumah.

Baca juga: Tips Hemat Pengeluaran Saat Musim Hujan

Dan untuk mengetahui pemborosan seperti apa yang biasanya kita lakukan di rumah, maka simak penjabaran dari Rumah.com berikut ini.

TV kabel

Pernahkah Anda menghitung berapa biaya tv kabel yang Anda bayarkan selama 1 tahun? Angkanya pasti akan lumayan, kan?!

Sebetulnya Anda bisa menghematnya dengan memilih paket pilihan yang lebih murah atau bahkan tidak memasang tv kabel sama sekali. Bukan hanya Anda bisa menghemat tetapi juga frekuensi menonton TV menjadi berkurang.

Jika tidak ingin ketinggalan seri tv favorit, lebih baik berlangganan program semacam Netflix yang biasanya memiliki biaya lebih murah.

Bahan makanan yang tidak terpakai

Biasanya kesalahan ini sering dilakukan oleh para ibu rumah tangga akibat menu makanan yang tidak direncanakan dengan baik. Akibatnya, banyak bahan makanan yang tidak digunakan sehingga membusuk di dalam kulkas.

Jadi, rencanakan menu makan setiap minggu. Misal pada satu hari Anda akan masak menggunakan kembang kol, maka pastikan pada beberapa hari ke depan akan ada masakan yang juga menggunakan bahan tersebut agar tidak mubazir.

Potong rambut ke salon

Memotong rambut anak dan pasangan sebenarnya bisa Anda lakukan sendiri tanpa harus menghabiskan uang ke salon. Investasikan saja pada peralatan mencukur rambut agar lebih mudah ketika memotong rambut di rumah.

Jika Anda tidak mengerti cara memotong rambut, Anda bisa mempelajarinya melalui tutorial di channel youtube.

Keanggotaan pusat kebugaran

Jika Anda tidak rutin pergi ke pusat kebugaran, ini jelas hanya membuang-buang uang Anda selama 1 tahun ke depan – sekalipun telah mendapat harga diskon.

Lebih baik berolahraga saja di luar rumah seperti berlari, bersepeda, atau berenang. Beli sebuah video senam atau gunakan aplikasi olahraga di telepon genggam jika ingin berolahraga sendiri di rumah.

Membeli soda kaleng

Jika Anda penggemar minuman bersoda atau minuman ringan lainnya, pertimbangkan berapa biaya yang dihabiskan untuk menyetoknya di rumah.

Sebaiknya biasakan saja untuk rajin minum putih, bahkan ketika Anda makan di restoran Anda, beberapa restoran memberikannya cuma-cuma. Selain hemat, badan Anda pastinya juga akan menjadi lebih sehat karena minum air putih.

Membeli air putih kemasan

Jika Anda terbiasa membeli air putih dalam botol sekali pakai, pertimbangkan untuk menggunakan water purifier di rumah sehingga dapat membuat air putih layak minum sendiri.

Siapkan juga beberapa botol minum yang bisa digunakan berulang-ulang sehingga ketika berpergian Anda cukup membawa botol minum ini. Tidak hanya berhemat, tetapi Anda juga dapat menghindarkan diri dari bahaya kimia yang terkandung dari botol minum sekali pakai.

 

Foto: Pixabay

Mita Agustina

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua