Sukses

Detil Manis di Powder Room Untuk Rumah Minimalis

Liputan6.com, Jakarta Desain rumah minimalis ternyata masih menjadi model arsitektur favorit di pasaran. Buktinya, banyak pengembang yang tak ragu mengadopsi gaya ini pada proyek garapannya. Selain beberapa ruang utama yang tersedia di unit rumah, ruang penyangga seperti powder room juga menjadi salah satu pemanis yang wajib ada di rumah berukuran relatif kecil ini.

Powder room merupakan kamar mandi mungil yang disediakan di dalam rumah yang khusus digunakan untuk tamu. Agar mudah di akses tamu, powder room ini harus diletakkan di lantai dasar sehingga tamu tidak perlu masuk ke area privat rumah Anda.

Sebagai toilet tamu, powder room hanya di lengkapi oleh kloset dan wastafel. Karena hanya memiliki dua unsur, powder room umumnya memiliki luas kurang lebih 2 meter persegi. Beberapa perumahan bahkan memanfaatkan area di bawah tangga untuk dijadikan powder room.

Agar tamu yang berkunjung ke rumah Anda merasa nyaman saat menggunakan toilet tamu tersebut, tak ada salahnya memberi sedikit dekorasi yang menarik. Selain kloset, simak beberapa tips esensial berikut ini agar membuat powder room Anda menjadi berkesan, seperti dikutip dari Rumah.com

Dinding

Karena luasnya yang minim, permainan kaca dan pemilihan lapisan dinding yang tepat bisa membuat ilusi ruangan menjadi lebih luas. Selain mengecat dengan pilihan warna yang cerah, Anda bisa menempelkan wallpaper dengan motif unik sesuai tema yang tersedia.

Kaca

Sebagai elemen penting yang ada di powder room, kaca cermin sebaiknya dibalut oleh rangka/frame yang unik. Anda bisa memesan bentuk potongan kaca yang sesuai dengan tema agar pas dengan luas ruangan.

Wastafel

Tidak ada salahnya berinvestasi pada model wastafel yang unik. Salah satu contohnya ialah wastafel dengan material batu marbel berikut ini

1 dari 2 halaman

powder room 2

Lampu

Jangan biarkan toilet tamu Anda terlihat kusam dan gelap. Peranan tamu sebagai pencahayaan sangat penting untuk menonjolkan unsur esensial di toilet tamu. Pilih model lampu tempel yang unik atau lampu gantung yang disesuaikan dengan tema.

Detil Seni

Selain perabot di atas, perhatikan dekorasi seni yang bisa di hadirkan lewat beberapa benda. Salah satu contohnya adalah pada lap tangan atau tempat tisu, keset, atau tanaman pot.

Asal Usul Nama Powder Room

Mengapa diberi nama powder room? Mengutip tulisan Imelda Akmal di bukunya Foyer, Powder Room dan Koridor, istilah powder room muncul pada abad XVII silam. Ketika itu, orang-orang kerap membubuhkan bubuk putih atau tepung pada wig yang mereka gunakan, istilahnya dalam bahasa Inggris ialah “repowdered.”

Istilah tersebut terus dipakai sampai zaman Victoria, dimana para perempuan memakai alasan “to powder their nose” jika hendak ke toilet. Kini, powder room lebih mengacu pada toilet tamu.

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua