Sukses

5 Bank dengan Tawaran Suku Bunga KPR Rendah di Akhir Tahun

Liputan6.com, Jakarta Sejak Bank Indonesia memutuskan menurunkan BI Rate sebesar 25 bps menjadi 6,50% pada Juni lalu, sejumlah bank swasta dan pemerintah turut mematuhi aturan tersebut dengan memberikan suku bunga KPR menjadi single digit.

Tidak hanya itu, kebijakan lain yang memberi angin sejuk bagi pencari rumah adalah keputusan BI 7-day (Reverse) Repo Rate yang turun 25 bps dari 5,50% menjadi sebesar 5,25%. Ini sejalan dengan rencana reformulasi suku bunga kebijakan yang telah diumumkan pada 15 April 2016.

Merangkum dari situs resmi masing-masing bank di bawah ini, berikut lima bank di Indonesia yang memberikan promo suku bunga rendah dibawah 10%. Catat, promosi hanya berlaku hingga Desember 2016.

Bank Negara Indonesia (BNI)

Bank pemerintah yang didirikan tanggal 5 Juli 1946 ini tengah menawarkan suku bunga 8,25% p.a (per annum), efektif tetap di 5 tahun pertama. Syaratnya, pembelian properti baru hanya berlaku di developer rekanan BNI serta jangka waktu cicilan paling cepat 10 tahun.

Jadi, jika Anda berencana membeli rumah seharga Rp300 Jutaan seperti yang ada di Villa Sawangan Asri, Depok, maka cicilan dari bulan pertama hingga ke-24 adalah Rp2.094.183. Untuk memudahkan Anda, simak simulasi cicilan lengkapnya.

simulasi cicilan KPR

Bank Central Asia

Per 1 Agustus 2016, BCA berusaha membantu konsumen untuk meraih rumah idaman dengan kepastian suku bunga melalui program KPR Fix & Cap 6 tahun.

Pada tiga tahun pertama, konsumen hanya dibebankan bunga KPR sebesar 7,99% dan 8,99% di tiga tahun berikutnya.

Program ini berlaku hanya sampai tanggal 30 Desember 2016. Hampir serupa dengan BNI, syarat jangka waktu kredit minimal 8 tahun dan dana ditahan sebesar 3x angsuran awal. Minat?

(Simak juga: Suku Bunga dan DP KPR Turun, Saatnya Beli Rumah!)

CIMB Niaga

Bank terbesar keempat satu ini pun tak mau kalah dalam perang suku bunga KPR antar bank. Jika BCA mematok persentase bunga 7,99%, KPR CIMB Niaga menawarkan angka 7,75% flat selama tiga tahun. Ada juga promo bunga tetap 8,25% untuk lima tahun cicilan.

Sedikit informasi, ada keuntungan menarik yang diberikan KPR Xtra Manfaat CIMB Niaga. Meliputi:

1. Mempercepat pelunasan karena terkoneksi dengan rekening tabungan CIMB Niaga milik pribadi.

2. Menggunakan 80% saldo harian tabungan untuk meringankan beban KPR pinjaman nasabah.

3. Tidak menahan dana tabungan.

4. Akses penuh terhadap dana di rekening nasabah.

Bank Mandiri

Sementara Bank Mandiri menetapkan suku bunga KPR tetap selama lima tahun sebesar 8,5%. Hanya saja promosi ini diperbolehkan untuk nasabah Mandiri KPR yang membeli rumah dari pengembang rekanan, maupun melalui agen properti rekanan Bank Mandiri.

Tidak hanya itu, Bank Mandiri juga meringankan nasabah KPR dengan pengenaan DP rumah mulai 5%.

Syaratnya, fasilitas KPR yang diajukan merupakan fasilitas kredit pertama alias pembelian rumah pertama.

UOB Indonesia

Bila empat bank diatas fokus menawarkan promo suku bunga rendah, Bank UOB justru menggaet konsumen KPR dari bank lain untuk memindahkan cicilan rumahnya ke sini.

Iming-imingnya mencakup hadiah langsung smartphone teranyar, gratis biaya provisi, bisa tambah fasilitas (top up) dan hemat jutaan rupiah.

(Simak juga: Pindah Bank KPR, Bolehkah?)

Sedangkan untuk suku bunga KPR, UOB menyuguhkan bunga 9,99% tetap selama tiga tahun. Selepas masa itu, bunga akan mengambang sesuai BI rate yang berlaku.

Foto: Pixabay

Sumber: Rumah.com

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua