Sukses

Tips Menentukan Wilayah Listing yang Menguntungkan

Liputan6.com, Jakarta Menentukan wilayah listing bagi agen properti adalah hal yang penting dilakukan guna memudahkan penjualan properti yang akan ditawarkan. Sebab, wilayah listing bisa dianggap sebagai magnet yang dapat menarik minat konsumen.

Widya, selaku agen properti dari Arya Lingga Manik mengatakan laku atau tidaknya listing juga sangat dipengaruhi wilayahnya.

“Konsumen akan bertanya lokasi terlebih dahulu, lalu akan berbicara seputar penawaran harga. Jadi, jika listing agen laku, berarti harus peka memantau perkembang pasar,” ujar Widya seperti dilansir dari laman Rumah.com, Rabu (23/11/2016).

Wanita muda yang memiliki lebih dari 50 listing di Depok dan Tangerang Selatan ini berbagi kiat menarik untuk menentukan wilayah listing yang menguntungkan. Berikut ulasannya:

1. Memantau permintaan pasar melalui media online

“Salah satu cara untuk melihat permintaan pasar adalah memantau melalui media online. Listing rumah baru biasanya sudah mulai gencar dipasarkan melalui media online. Nanti dari komentar yang dilayangkan, akan terlihat seperti apa permintaan pasar,” ujar Widya.

Wanita muda ini juga mengaku kerap mengisi waktu senggangnya untuk melihat sosial media dan media online lain yang berbentuk forum. Menurutnya, permintaan pasar saat ini sangat menginginkan rumah yang memiliki akses transportasi seperti commuter line.

(Simak juga: Grand Depok City Perumahan dekat Commuter Line klik di sini)

2. Lakukan canvassing ke tempat-tempat umum

Selanjutnya adalah melakukan canvassing. Kegiatan ini adalah bentuk pemetaan permintaan konsumen dengan cara sales berinteraksi dengan pelanggan atau calon pelangga. Caranya bisa melalui telepon atau bertandang ke tempat-tempat ramai seperti rumah sakit, pasar, sekolah dan lain-lain.

“Saya kerap melakukan canvassing sembali membagikan brosur di tempat-tempat perbelanjaan. Dari canvassing tersebut saya jadi tahu lokasi mana yang diincar bagi end-user dan investor”

“Biasanya, bagi end-user hal yang dicari dalam memilih rumah adalah fasilitas umum seperti sekolah dan jalur transportasi. Ini tentu saja menjadi masukan bagi saya untuk giat mencari listing yang menawarkan fasilitas lengkap,” katanya.

(Simak juga: Ulasan Lengkap Perumahan Cordova Residence klik di sini)

3. Ikuti Pelatihan untuk Agen Properti

Terakhir, adalah jangan malas mengikuti pelatihan untuk agen properti. Biasanya, perusahaan properti menyelenggarakan pelatihan yang menerangkan potensi wilayah beserta riset pasarnya.

“Saya selalu rutin ikut pelatihan sebanyak 2-3 kali dalam sebulan. Dari pelatihan tersebut saya bisa mengetahui kecenderungan harga tawar setiap wilayah. Misalnya, lokasi di Ciseeng-Depok harga rumah masih berkisar Rp208 juta – Rp700 juta,” ucap Widya.

(Simak juga: Ulasan Lengkap Perumahan Bali Residence seharga Rp208 Juta klik di sini)

Foto: pixabay.com

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua