Sukses


Kiat Bersihkan Rumah Setelah Kebanjiran

Setelah dilanda banjir, rumah akan terliat kumuh dan kotor. Agar kembali bersih dan terbebas dari ancaman penyakit simak tipsnya berikut.

Liputan6.com, Jakarta Setelah dilanda banjir, rumah akan terliat kumuh dan kotor. Tidak sedikit sampah berserakan. Atau sisa endapan lumpur yang menjijikan. Jika tidak segera dibersihkan tentu saja ini akan mengancam kebersihan rumah dan juga kesehatan Anda.

Agar rumah kembali bersih dan nyaman, Yuk, sebaiknya bersegeralah membersihkan rumah dengan tips-tips berikut ini, seperti dilansir dari Rumah.com:

Matikan Aliran Listrik

Biasanya PLN memutus saluran listrik di daerah yang dilanda banjir. Namun, bila aliran listrik di rumah Anda menyala, segeralah matikan, untuk menghindari bahaya korsleting atau tersengat listrik.

Pakai Air Bersih

Banjir sudah barang tentu akan mengundang lumpur masuk ke dalam rumah. Sediakan selang panjang dan serokan karet untuk mengusir lumpur dari dalam rumah. Bersihkan dahulu pada sudut-sudut ruangan yang sulit dijangkau.

Gunakan Sarung Tangan, Alas Kaki, dan Masker

Pasca banjir, cukup rentan dengan penyebaran berbagai penyakit. Bisa karena penyakit dari gigitan nyamuk, serangga lain, pencernaan, dan pernafasan. Agar meminimalisasi penularan, ada baiknya segera mengenakan sarung tangan, alas kaki, dan masker saat Anda membersihkan rumah.

(Simak juga: Mencegah Timbulnya Alergi di Rumah klik di sini)

Semprotkan Disinfektan

Masih terkait dengan penyakit pasca banjir, disinfektan sangat diperlukan saat membersihkan hunian. Semprotkan disinfektan ke dinding, lantai, atau daerah yang sulit terjangkau seperti kolong lemari atau di sela meja.

Rebus Peralatan Makan

Penyakit pencernaan paling mudah terjangkit pasca banjir. Agar terhindar, rebuslah peralatan makan yang terbuat dari logam selama 5 – 10 menit, atau setidaknya disiram menggunakan air mendidih.

Selain itu, Anda juga bisa mensiasatinya dengan menggunakan wadah makanan yang terbuat dari plastik selagi menunggu wadah makanan yang terbuat dari logam bersih.

Jemur Barang yang Lembap

Terakhir, lakukan pengeringan menggunakan cahaya matahari. Hal ini ternyata cukup efektif untuk mengembalikan kondisi barang-barang untuk dipakai kembali. Karena dengan pengeringan tersebut, dapat membunuh kuman dan mengurangi bau tak sedap.

Untuk barang-barang berukuran kecil, seperti pakaian, selimut, atau handuk, bisa dicuci dengan cara biasa atau direndam dahulu menggunakan air panas.

Untuk karpet atau kasur, setelah dibersihkan dan dijemur, perlu disemprot dengan cairan disinfektan untuk membunuh kuman yang bersarang. Setelah itu lakukan penjemuran lagi.

Foto: pixabay.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.