Sukses


Tips Rawat Rumah Tanpa Bantuan Asisten Rumah Tangga

Anda tentu sudah tak asing dengan keluhan para ibu rumah tangga: sulitnya mencari asisten rumah tangga. Kalaupun ada, gajinya tinggi.

Liputan6.com, Jakarta Anda tentu sudah tak asing dengan keluhan para ibu rumah tangga: sulitnya mencari asisten rumah tangga (ART). Kalaupun ada, gajinya pun cukup tinggi.

Jika dihitung kembali, lebih baik gaji ART ditabung dan digunakan untuk investasi lainnya. Masalahnya tanpa ART, pekerjaan rumah menjadi terbengkalai.

Jangan terlalu bergantung pada ART. Sebenarnya Anda bisa, kok, mengatur kondisi rumah sendiri tanpa bantuan mereka. Seperti dikutip dari Rumah.com, ini caranya.

Atur jadwal

Sebenarnya dalam sehari ART hanya bekerja beberapa jam. Mencuci, mengepel, menyeterika, dan menyiapkan makanan ternyata dapat dikerjakan tak lebih dari 4 jam sehari.

Untuk itu cobalah atur jadwal Anda, lagi pula semua pekerjaan rumah tersebut tak harus dikerjakan setiap hari.

Misal, untuk jadwal mencuci pakaian bisa dilakukan setiap dua hari sekali, atau jika cuciannya tak terlalu banyak, Anda bisa mencuci dua kali seminggu.

Berbagi tugas kerja

Jangan samakan rumah dengan kantor lalu Anda bersikap ambisius dan ingin mengerjakan semuanya sendiri. Serius, malah makin stres dan kelelahan.

Bagilah tugas rumah dengan penghuni rumah lainnya. Misalnya, jika di rumah Anda ada pasangan, anak, dan orangtua, berarti mencuci menjadi tugas Anda, menyeterika menjadi tugas pasangan, menyiram tanaman adalah tugas anak, dan menyapu rumah adalah tugas orangtua.

Untuk mencegah bosan, Anda bisa bertukar tugas, kok—tapi pastikan anak tidak melakukan tugas berat, ya.

Sesekali sewa jasa kebersihan

Jangan terlalu pelit dengan diri sendiri. Bila Anda memang terlalu lelah dan masih memiliki banyak tugas kerja yang belum selesai, sehingga rasanya tak mungkin menjalankan tugas rumah, sewalah jasa orang lain.

Misalnya, menyewa jasa ART harian yang akan mencuci dan membersihkan rumah dalam sehari. Atau gunakan jasa laundry kiloan untuk mencuci pakaian rumahan Anda.

Anda juga bisa menggunakan jasa bersih rumah yang bisa dipesan secara online lewat sejumlah aplikasi.

Kemudahan teknologi

Beberapa perabotan rumah banyak yang fungsinya meringankan pekerjaan Anda. Misalnya, mesin cuci satu tabung yang juga berfungsi untuk mengeringkan pakaian, steamer untuk menyeterika pakaian, microwave, mesin cuci piring, serta vacuum cleaner.

Alokasikan dana belanja untuk membeli 1-2 alat tersebut, dijamin pekerjaan rumah menjadi lebih ringan.

(Simak juga: Waktu paling tepat melakukan kegiatan bersih rumah)

Foto: Stocksnap.io

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini