Sukses


3 Langkah Bersihkan Wallpaper Rumah

Wallpaper diminati karena pemasangannya yang cepat serta lebih praktis saat ingin mengganti warna atau motif.

Liputan6.com, Jakarta Kertas dinding (wallpaper) sering menjadi pilihan pengganti cat dinding. Kelebihannya adalah pilihan corak dan motif yang lebih beragam, daripada harus dicat manual.

Wallpaper diminati karena pemasangannya yang cepat serta lebih praktis saat ingin mengganti warna atau motif.

Untuk perawatan dan kebersihannya pun mudah. Anda dapat mengikuti instruksi dari perusahaan pembuat kertas dinding, atau mengikuti langkah jitu yang dijabarkan Rumah.com sebagai berikut.

Kenali Jenis Kertas Dinding

Sebelum membersihkan kertas dinding, Anda perlu mengetahui jenis bahan pembuat kertas dinding. Ada jenis kertas dinding yang bisa dicuci dan yang tidak bisa dicuci.

Kertas dinding yang bisa dicuci terdapat lapisan vinyl tipis. Anda dapat mencucinya dengan cara mengelap dengan kain basah.

Sementara kertas dindingyang tidak bisa dicuci lebih sulit untuk dibersihkan. Namun masih bisa Anda usahakan dengan mengelap dengan kain bersih agar tetap terjaga kebersihannya.

Kenali Noda pada Kertas Dinding

Ada beragam jenis noda yang bisa menempel pada kertas dinding. Noda paling umum adalah debu yang menempel dari udara atau angin.

Selain itu ada noda dari alat tulis, seperti tinta, krayon, atau stabilo. Ada juga noda bekas tangan karena terlalu sering menyentuh kertas dinding.

Noda bekas tangan sering terlihat pada area dekat sakelar lampu. Terakhir, noda minyak. Jika sudah tahu jenis noda yang menempel, Anda bisa membersihkannya sesuai dengan kebutuhan.

Cara Membersihkan Noda pada Kertas Dinding

Pertama, Anda bisa memulainya dengan membersihkan debu terlebih dahulu menggunakan sikat lembut atau penyedot debu yang dilengkapi sikat. Untuk menjangkau tempat-tempat tinggi, Anda dapat menggunakan sapu yang dibalut dengan kain atau kaos bekas pakai sebagai alternatif.

Kedua, Anda bisa mulai membersihkan wallpaper dari beragam noda lain selain debu, misalnya noda alat tulis, jika ada.

Anda bisa menggunakan larutan pengangkat noda, seperti WD-40 atau cairan dry-cleaning. Untuk noda minyak Anda bisa menggunakan air sabun hangat.

Ketiga, Anda bisa menggunakan sisa air sabun hangat untuk mencuci bagian kertas dinding yang bisa dicuci. Anda bisa menambahkan dengan ammonium hidroksida untuk hasil optimal.

Kertas dinding dengan lapisan vynil pun bisa dibersihkan dengan kain yang telah dilumuri cuka. Ingat, jangan menyiram cuka langsung pada kertas dinding.

Setelah selesai dibersihkan, Anda perlu membilasnya sampai bersih dan mengelapnya dengan kain yang telah dibasahi air hangat. Lalu, keringkan dengan handuk lembut.

Untuk kertas dinding yang tidak bisa dicuci, Anda perlu strategi khusus.Untuk membersihkan noda alat tulis, Anda bisa menggunakan karet penghapus atau larutan pembersih.

Sementara noda minyak bisa dibersihkan menggunakan panas setrika atau menggosoknya dengan roti.

Bisa juga dengan menambahkan bubuk talc, tepung jagung, atau boraks dengan sedikit air lalu dioleskan pada noda minyak. Tunggu sampai kering, lalu gosok dengan kain lembut hingga terangkat.

(Simak juga: Tips memperbaiki wallpaper rusak)

Foto: Stocksnap.io

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini