Sukses

Plus Minus Tinggal di Apartemen Studio

Liputan6.com, Jakarta Keberadaan hunian vertikal makin hari semakin menjamur di pusat dan pinggiran Ibukota. Dengan konsep bangunan dan banderol harga yang bervariatif, Anda bisa memilih unit yang sesuai dengan kebutuhan.

Tentunya, lokasi menjadi penentu tinggi rendahnya harga yang ditawarkan pengembang. Semakin dekat menuju pusat bisnis, harga jualnya jelas akan semakin mahal. Di antara beberapa tipe yang di tawarkan, unit studio kerap menjadi produk yang laris diburu konsumen.

Selain harganya yang terjangkau, luasnya sangat pas untuk mereka yang lajang atau pasangan baru menikah. Dalam satu ruangan, Anda bisa melakukan banyak aktifitas. Mulai dari tidur, makan, dan bersantai. Umumnya unit studio punya sekat yang membatasi ke ruang kamar mandi.

Tertarik membeli unit ringkas ini? Simak dulu kelebihan dan kekurangannya, di adaptasi dari Rumah.com

(Simak Juga: Contek 5 Layout Ringkas Untuk Apartemen Studio)

Pindah ke unit studio bisa menjadi pilihan berhemat untuk mereka yang ingin tinggal sendiri atau dengan teman sekamar. Untuk beberapa apartemen di Jakarta, tarif sewa apartemen studio bisa lebih murah 30 persen ketimbang unit dua kamar tidur. Biaya perawatan (maintenance/service fee) unit studio tentu lebih murah ketimbang tinggal di unit dua atau tiga kamar tidur.

Selain itu, Anda bisa lebih hemat mendekorasi atau menata suhu ruangan. Misalnya ingin memasang pendingin udara, menata pencahayaan di satu sudut, atau menambah dekorasi wallpaper, bisa Anda atur tanpa menghabiskan banyak biaya.

Terakhir, kelebihan tinggal di apartemen adalah, Anda tak perlu capek-capek membersihkan unit apartemen. Dengan luasan unit mulai 20 meter persegi sampai 40 meter persegi, Anda hanya butuh waktu kurang dari 15 menit untuk menyapu, mengepel sampai membersihkan debu yang sela-sela ruangan. Sangat praktis, kan?

(Simak Juga: Ide Maksimalkan Ruang Apartemen Tipe Studio)

Kekurangan tinggal di apartemen studio

Meski serba praktis dan menghemat biaya, namun ternyata ada beberapa kekurangan yang dimiliki oleh apartemen studio.

Untuk Anda yang terbiasa tinggal di rumah tapak, pindah ke unit studio bisa sedikit membosankan dan membuat sedikit stress. Hal ini karena luas area yang sangat minim, sehingga Anda terpaksa harus mengurangi barang bawaan dari rumah lama sampai 50 persen.

Jika biasanya Anda punya banyak barang untuk di simpan di unit rumah, kini Anda harus lebih selektif memilih barang yang disimpan di apartemen studio. Di sini keahlian menata barang atau mendesain lemari minimalis menjadi tantangan untuk Anda pecahkan.

Beberapa apartemen studio ada yang memiliki luasan bruto yang sangat minim. Saking sempitnya, Anda harus lebih kreatif menata ruang agar terlihat luas jika tinggal bersama pasangan atau teman sekamar.

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua