Sukses

5 Tanaman Sayur yang Cocok Ditanam di Rumah

Liputan6.com, Jakarta Sekarang, hobi berkebun tidak hanya bisa dilakukan oleh mereka yang memiliki lahan luas. Salah satunya dengan konsep urban farming.

Urban farming adalah istliah yang digunakan untuk aktivitas berkebun di lahan kecil atau di rumah perkotaan.

Sebelum mulai urban farming, cari tahu dulu jenis tanaman yang cocok ditanam di lahan terbatas. Sebab, tidak semua jenis tanaman dapat ditanam pada lahan sempit.

Biasanya jenis tanaman yang bisa ditanam di lahan sempit adalah tanaman yang bisa langsung dikonsumsi setelah dipetik.

Berikut beberapa jenis tanaman yang cocok untuk ditanam pada area kebun terbatas, termasuk di taman dalam rumah—syaratnya hanya mengeluarkannya selama tiga jam setiap pagi usai disiram.

Dikutip dari Rumah.com, berikut ini lima tanaman sayur yang bisa ditanam di halaman rumah tanpa perlu lahan yang luas.

Terung

Terung ungu yang buahnya besar bisa ternyata bisa ditanam di media kecil seperti pot atau polybag. Satu polybag untuk satu bibit yang telah disemai terlebih dahulu.

Setelah bibit dipindahkan dalam polybag, Anda harus tancapkan tongkat kayu/bambu sepanjang 5-10cm untuk penyangga nantinya.

Usahakan taruh pot di tempat yang sedikit teduh karena tanaman ini sensitif jika mendapat panas terlalu terik.

Cabai rawit

Untuk menanam cabai rawit, Anda perlu ukuran pot minimum 5 liter. Sebenarnya cabai rawit bisa tumbuh ditanam di pot yang ukurannya lebih kecil, tapi hasilnya tidak akan maksimal.

Anda bisa memilih pot plastik atau keramik yang memiliki lubang di bagian dasar untuk drainase. Siram secukupnya tiga kali sehari atau setiap hari saat kemarau. Jika ditanam pada tanah pekarangan jarak antar bibit 7-10 cm.

Sawi

Menanam sawi relatif mudah. Tapi ada beberapa hal yang harus di perhatikan. Pastikan tanaman harus berada di lahan terbuka.

Jika daerah tanam cenderung dingin pastikan tanaman terkena sinar matahari langsung. Sebaliknya jika daerah tanam panas, letakkan tanaman di bawah pepohonan rindang atau area yang memiliki atap.

Tanam benih ke tanah sedalam 1/2 inci dengan jarak 4 inci antar benih. Pastikan tanah tetap lembap merata dengan penyiraman ringan.

Daun bawang

Daun bawang bisa tumbuh subur walau ditanam di lahan yang sempit. Cara menanamnya pun tak sulit. Satu polybag bisa untuk menanam maksimal dua batang.

Anda bisa menanam dengan cara langsung dari benihnya (generatif) atau menyepih dari tanaman daun bawang yang sudah tumbuh (vegetatif).

Suhu ideal untuk pertumbuhan berkisar 19-24oC, tapi daun bawang masih bisa tumbuh di dataran rendah yang bersuhu panas.

Dari karakternya, sangat cocok untuk kota seperti Jakarta. Selanjutnya tinggal disiram teratur 1-2 hari sekali.

Tanaman ini tak membutuhkan kadar air yang banyak, tetapi tidak boleh kekurangan karena dapat menganggu pertumbuhan.

Tomat

Menanam tomat bisa menggunakan media pot atau polybag. Kalau ingin ditanam berjajar juga bisa, jarak tanamnya cukup 5cm saja.

Anda harus waspada karena tanaman tomat rentan terserang penyakit dan sangat rentan dengan kelembapan tinggi.

Tanaman ini membutuhkan jumlah air yang banyak, tetapi tidak boleh sampai kekeringan.

(Simak juga: Tips Membuat Tanah di Halaman Rumah Jadi Subur)

Foto: Pixabay

Rina Susanto

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua