Sukses

Apakah Bogor Akan Melejit Pasca Trump Menjabat?

Liputan6.com, Jakarta Pemilu Amerika Serikat yang dianggap paling sensasional sudah berakhir. Hasil menunjukkan Donald Trump terpilih sebagai presiden baru menggantikan tampuk dua masa kepemimpinan Barack Obama.

Trump sukses meninggalkan pesaing tersengitnya, Hillary Clinton, dengan raihan suara 47 persen atau setara 279 total electoral votes (suara pemilu) dari syarat 270 suara yang dibutuhkan untuk menang.

Gaya khas Trump yang cenderung nyentrik membuat banyak pihak ketar-ketir. Mereka khawatir, ia akan mengeluarkan kebijakan baru yang dianggap bisa mengganggu laju perekonomian negaranya.

Mengingat, hampir sebagian negara di dunia kehidupan ekonominya bergantung terhadap negeri Paman Sam itu, termasuk Indonesia.

Mengomentari kemenangan Trump sebagai presiden ke-45, Country Manager Rumah.com, Wasudewan mengungkapkan, “Pasar real estate Indonesia dan negara Asia Tenggara lain kemungkinan bisa tumbuh secara perlahan atau bahkan merosot.”

“Mengapa ada potensi turun? Ini disebabkan kecenderungan investor yang mengadopsi trik wait and see untuk menganalisis bakal kebijakan baru di Amerika Serikat,” tukasnya.

(Simak juga: Bagaimana Dampak kemenangan Trump Bagi Properti di Amerika Serikat?)

Aset Trump di Indonesia

Donald Trump sendiri sejatinya merupakan pionir yang fokus bisnisnya adalah bidang properti. Menurut situs trumphotels.com, ekspansi portofolio properti Trump tidak hanya tersebar di AS saja melainkan juga di tanah air.

Adalah Trump International Hotel Lido yang berlokasi di kota hujan, Bogor, Jawa Barat.

Proyek resor mewah bintang enam ini akan berdiri di atas lahan seluas 700 hektar, dengan fasilitas lapangan golf, pusat kebugaran dan spa serta deretan villa megah dan kondominium kelas high-end.

Di kawasan ini, Trump bekerja sama dengan MNC Land untuk membangun proyek pembangunan kawasan hotel dan tempat rekreasi terpadu.

Di area seluas 3.000 hektar, MNC Land sedang merancang resor terpadu yang menggabungkan konsep entertainment city dan luxury high-end, termasuk 18-hole signature golf course kelas dunia berstandar PGA dan hotel berbintang enam yang akan dikelola Trump Hotel Collection.

MNC Land juga berkolaborasi dengan Korea Land & Housing untuk mengembangkan proyek smart-city di wilayah Lido.

Sumber: Wikipedia

Tahun 2019, para wisatawan dapat menikmati sentuhan Trump di Bogor. Dan Trump Hotel di Lido akan menambah jumlah total kamar yang ditawarkan kabupaten Bogor yang saat ini hanya sekitar 14.000 saja.

Rambahan bisnis properti Trump di Indonesia jelas akan mengangkat citra tanah air di muka dunia. Jika proyek resmi terealisasi, dapat dipastikan pangsa pasar properti Bogor akan memesona.

Tidak hanya itu, lokasi resor yang berada di Bogor pun bisa membuat kawasan ini sebagai destinasi wisata baru bagi turis mancanegara.

Pasalnya, menurut data Biro Pusat Statistik, kawasan Lido di Cigombong, Bogor, belum terlalu banyak dilirik turis mancanegara.

Sepanjang 2014, dari 17.845 wisatawan yang mampir ternyata hanya 25 orang saja yang berasal dari mancanegara. Meski demikian, hal ini juga dialami oleh sejumlah destinasi wisata di Bogor yang belum popular di kalangan turis asing, seperti Taman Wisata Matahari dan Taman Safari Indonesia.

Pesona Properti di Bogor

Kebanyakan pemburu properti di kawasan Bogor saat ini lebih memilih hunian dengan kisaran Rp300-500 Juta. Dengan jarak tempuh yang lebih baik ke kawasan ibukota melalui commuterline, Bogor memang menjadi pilihan alternatif bagi karyawan yang bekerja di Jakarta.

“Tetapi Bogor juga memiliki Cibinong Center Industrial Estate, Bogorindo dan Menara Permai sebagai kawasan industri. Karena itu, kawasan Bogor juga menjadi pilihan penting bagi mereka yang bekerja di area tersebut.”

“Bahkan Bogor juga akan menambah lagi kawasan industri di kawasan Jonggol. Ini juga yang membuat perumahan dengan harga di bawah Rp500 Juta semakin diburu,” tambah Wasudewan.

Kisaran Harga Properti di Bogor yang Diminati Konsumen

(Data Rumah.com Kuartal 2 2016. Berdasarkan Perilaku Lebih dari 3 Juta Pencari Properti di Rumah.com Setiap Bulan)

KISARAN                         HARGA PERSENTASE
Rp300-500 Juta                         20%
< Rp300 Juta                             18%
Rp500-700 Juta                         13%
Rp700-900 Juta                         11%
Rp1,1M-1,5M                              8%
>Rp5M                                       8%

Saat ini, penambahan mal, pasar modern maupun destinasi wisata dapat mempengaruhi pertumbuhan harga properti di sekitar lokasi.

Arus manusia yang semakin deras ke suatu daerah, termasuk destinasi wisata, bisa melahirkan beragam potensi bisnis, fasilitas unggulan hingga infrastruktur yang semakin baik. Inilah yang dilakukan oleh MNC Land dan Trump Hotel di Bogor.

Tak heran, investor juga gencar memburu lahan di Bogor yang terlihat dari minat pada properti di atas harga Rp5 Milyar. Nah, berminat memiliki investasi properti di Bogor?

Foto utama: Flickr

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua