Sukses

Cara Tepat Atasi Bau Apek dari Stoples

Liputan6.com, Jakarta Kita sering kali mendapati stoples kaca wadah penyimpan makanan berbau apek, apalagi jika sudah lama tidak digunakan.

Stoples yang berbau apek bisa terjadi karena teknik mencuci yang tidak bersih, ditambah kondisi lembap stoples karena pengeringan yang tidak maksimal sehingga menimbulkan bau apak.

Kelihatannya, sih, sepele, padahal kondisi wadah yang tidak steril ini bisa memengaruhi kualitas makanan yang disimpan, tuh.

Makanan bisa cepat basi dan jadi berbau tidak sedap. Sebelum hal ini terjadi pada Anda, contek beberapa kiat membersihkan stoples ini agar tidak berbau apek, seperti dikutip dari Rumah.com.

Air hangat

Campurkan air hangat dengan sabun cuci piring cair. Gosok bagian dalam stoples kaca menggunakan spon dan campuran sabut tadi. Ini akan mempermudah kotoran dan noda luruh.

Jika sudah bersih, bilas stoples menggunakan air hangat hingga air sabun hilang. Terakhir, keringkan dengan kain lap bersih.

Dengan microwave

Cuci stoples menggunakan air hangat dan sabun, lalu bilas hingga bersih. Setelah bersih, taruh stoples ke dalam panci yang sudah diisi air, kemudian rebus hingga air mendidih.

Setelah itu, pindahkan stoples ke dalam microwave yang telah dipanaskan sebelumnya (110 derajat). Gunakan loyang panggang sebagai tatakan menaruh stoples.

Panaskan stoples selama 15 menit. Dengan teknik ini, bakteri dipastikan mati dan stoples akan terhindar dari bau apak.

Baking Soda

Campur satu sendok teh baking soda dengan air hangat. Masukkan campuran air dan baking soda ke dalam stoples, lalu kocok-kocok dan gosok bagian dalam stoples dengan spon.

Setelahnya diamkan beberapa menit, lalu bilas dengan air untuk menghilangan sisa baking soda. Keringkan dengan kain lap bersih.

Jeruk nipis

Campurkan irisan jeruk nipis dan air hangat, ke dalam stoples, lalu tutup. Masukkan stoples berisi campuran jeruk nipis ke dalam lemari es dan diamkan selama satu malam.

Keesokan harinya, buang air dalam stoples, lalu dibilas menggunakan air sampai bersih. Terakhir, keringkan dengan lap bersih.

Catatan: Tutup stoples yang terbuat dari karet atau plastik cukup dibersihkan dengan sabun cair, lalu bilas hingga bersih dan keringkan dengan kain lap bersih.

Setelah stoples kering, sebelum disimpan di lemari sebaiknya dibungkus menggunakan kertas agar stoples tidak cepat kusam.

Jika ingin langsung digunakan untuk menyimpan makanan, pastikan makanan dalam kondisi dingin agar cita rasa makanan tidak berubah dan berbau tengik.

(Simak juga: Manfaatkan dekorasi selai untuk dekorasi ruangan)

Foto: Stocksnap

Rina Susanto

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua