Sukses

Tips Aman Pakai Jasa Bersih Rumah Online

Liputan6.com, Jakarta Akibat supersibuk, Anda seakan tak punya waktu untuk membersihkan rumah atau apartemen Anda, sementara untuk merogoh kocek membayar jasa asisten rumah tangga terasa berat.

Anda boleh bersyukur hidup di era digital, di mana jasa bersih-bersih online kini tersedia. Anda cukup memesannya melalui aplikasi, dan petugas pun datang lalu rumah kembali bersih. Namun, tak berarti Anda bisa menyerahkan kondisi rumah sepenuhnya. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti dikutip dari Rumah.com.

Sesuaikan dengan jadwal Anda

Meski Anda memercayai petugas kebersihan, jangan membiarkan rumah dalam kondisi kosong atau tanpa penghuni. Pastikan Anda tetap ada di rumah untuk mengawasi cara kerja mereka.

Selain itu, Anda pun jadi bisa menunjukkan area rumah mana saja yang butuh pembersihan lebih maksimal, misalnya area ruang makan, dapur, dan kamar mandi.

Hanya area tertentu

Jika Anda termasuk orang yang sangat menghargai privacy, sebaiknya tentukan ruangan mana yang ingin dibersihkan.

Untuk ruangan yang sifatnya privat seperti kamar tidur sebaiknya Anda membersihkannya sendiri—terutama jika Anda baru mengenal petugas kebersihannya. Lagipula kamar tidur biasanya menjadi ruangan untuk menyimpan barang berharga.

Pilih produknya

Bila Anda fanatik terhadap produk tertentu dalam membersihkan rumah, sebaiknya Anda menyediakan produk tersebut agar petugas kebersihan menggunakannya.

Berikan pengarahan dan cara penggunaannya serta alasannya, misalnya anak-anak sudah terbiasa dengan aromanya.

Bila Anda memang menggunakan bahan dan peralatan yang dimiliki oleh petugas kebersihan online, pastikan produknya aman untuk keluarga.

Tak ada salahnya Anda juga mengatakan produk yang biasa Anda gunakan untuk membersihkan rumah, sehingga mereka menyediakan produk serupa—dengan tambahan biaya.

Sesuaikan durasinya

Jangan kebangetan pelit, ah. Karena tak ingin mengeluarkan bujet lebih, Anda pun memilih durasi kerja seminim mungkin, akibatnya rumah tak sepenuhnya bersih. Sesuaikan durasi kegiatan bersih-bersih mereka dengan durasi Anda biasanya, misalnya 2-3 jam.

Tak apa membayar lebih, asalkan Anda puas dengan kondisi rumah yang bersih dan harum sesudahnya.

Dana tambahan

Meski tak diwajibkan, Anda bisa memberikannya tip jika sangat puas dengan hasil kerjanya. Toh, belum tentu setiap hari Anda menggunakan jasa mereka. Untuk itu tentukan jadwal kapan Anda ingin membersihkan rumah, misalnya 1-2 minggu sekali.

(Simak juga: Waktu yang Tepat Bersihkan Tempat Sampah di Rumah)

Foto: Pixabay

Rina Susanto

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua