Sukses

Rumah Tapak Jadi 'Base camp' Industri Start-up di Yogyakarta

Liputan6.com, Jakarta Sebagai Kota Pelajar, Yogyakarta nampaknya akan semakin menarik dengan julukan baru yakni Pusat Kota Start-up Nasional.

Agnes Pinkan Rahajeng, selaku Public Relation Jogja Digital Valley (JDV) mengatakan sebanyak 32,33 persen Start-up memilih Yogya, dikarenakan biaya operasionalnya cukup murah. Selain itu, di Yogyakarta juga banyak terdapat perguruan tinggi dengan sumber daya manusia yang baik.

“Menurut data kami, ada sebanyak 156 anggota yang sudah terdaftar di JDV. Anggota masih didominasi oleh masyarakat Yogya. Namun selebihnya cukup beragam berasal dari daerah lain antara lain Solo dan Semaarang,” ujar Pinkan kepada Rumah.com, Senin (21/11/2016).

Ia juga mengatakan jenis Start-up yang cukup berkembang di Yogya adalah games (permainan online). Selebihnya bisa kuliner, fesyen, kerajian. dan masih banyak lagi.

Menurut analisa Jones Lang Lasalle (JLL) Indonesia, Konsultan Properti Internasional, Kawasan perkantoran CBD lebih diminati oleh E-Commerce dan start-up.

Sementara itu, pelaku start-up di Yogya ternyata lebih menyukai bekerja dalam sebuah co-working space atau ada juga yang memiliki rumah sebagai tempat bekerja.

Salah satunya adalah JDV fasilitator start-up di Yogya yang sengaja memilih kantornya berada di sekitar perumahan.

“Selain tempatnya yang nyaman, lokasi ini juga dekat dengan kampus UGM dan kampus-kampus lain. Sehingga memudahkan target market yakni mahasiswa atau anak muda yang tertarik mendirikan Start-up,” ujar Pinkan.

Hal senada juga disampaikan Dion Sebastian Susilo, Sales and Leasing Manager PT. Darsana Tempa Internasional selaku pengembang JogjaOne Park, bahwa perkembangan ritel di Jogja untuk tahun ini belum menunjukkan kondisi yang memuaskan.

“Beberapa perusahaan yang bergerak di start-up justru lebih banyak tertarik untuk menjalankan bisnisnya di rumah dibandingkan harus menyewa pada ruko atau perkantoran tiggi,” ucap Dion.

Namun Dion belum bisa memastikan, alasan mendasar mengapa banyak industri start-up lebih tertarik menyewa rumah dibandingkan perkantoran atau SOHO.

“Bisa karena harga sewa yang dianggap terjangkau, atau apa karena suplai yang terbatas. Jadi masih belum tahu pasti,” tuturnya. Kendati begitu, Dion berharap perkembangan ritel dapat berkembang pada tahun 2017 hingga 2018.

Daftar Rumah di Yogyakarta Dekat dengan Kampus-kampus ternama

1 dari 4 halaman

1. Vasana Residence

 

Gerbang lokasi Perumahan Vasana Residence

Perumahan Vasana Residence merupakan proyek dari pegembang besar Damai Putera Development. Lokasinya di Condongcatur, Kecamatan Depok-Sleman Yogyakarta. Lokasi ini cukup lekat di mata masyarakat sebagai pusat pendidikan ternama.

Selain dekat dengan pusat pendidikan, lokasi perumahan ini juga dekat dengan pusat hiburan seperti Hartono Mall Yogyakarta dan Plaza Ambarrukmo.

Mengulik tentang perkembangan harga juga cukup menarik. Harga tanah di sana sudah berkisar Rp20 juta per meter persegi. Sementara untuk kawasan jalan Kayen, yang merupakan lokasi Vasana Residence, harganya masih dibanderol sekitar Rp5 juta sampai Rp10 juta.

Kenaikan harga terjadi lebih dari 20 persen dalam waktu kurang dari satu tahun. Menurut data dari Santi, selaku staf pemasaran Damai Putra Group, dari jumlah 110 unit rumah yang dipasarkan, kini sudah terjual sekitar 11 unit rumah yang sedang dalam konstruksi 40 persen

(Simak juga: Ulasan Lengkap Perumahan Vasana Residence klik di sini)

2 dari 4 halaman

2. Casa Grande

 

Perumahan Casa Grande

Satu proyek lain adalah Casa Grande yang berlokasi di Sleman, Yogyakarta. Perumahan yang dibangun di atas lahan seluas 15 Ha ini menawarkan sebanyak 287 unit yang dekat dengan lokasi perguruan tinggi.

Perguruan tinggi tersebut antara lain Kampus UPN, Atma Jaya, dan STIE YKPN. Fasilitas yang disediakan antara lain fitness center, tennis court, convention hall, kolam renang, dan badminton.

(Simak juga: Daftar Terbaru Perumahan Casa Grande klik di sini)

3 dari 4 halaman

3. The Paradise

 

Perumahan The Paradise

Terakhir adalah Perumahan The Paradise. Area jalan Palagan Tentara Pelajar sudah lama dikenal sebagai lokasi pengembangan perumahan baru menengah atas di kawasan Sleman.

Lokasi ini memang strategis dan cenderung tenang karena dekat menuju Gunung Merapi maupun pusat kota. Perumahan ini masih dalam satu komplek dengan Vasana Residence.

Fasilitas yang ditawarkan PT. Sarana Anugrah Pratama juga cukup menarik, yakni Keamanan 24 jam, kolam renang, lapangan basket, club house, lapangan tenis, serta jaringan listrik dan telepon bawah tanah.

(Simak juga: Ulasan Lengkap Perumahan The Paradise klik di sini)

Foto: Pixabay.com

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua