Sukses


Ini Cara Bikin Sofa Lama Anda Terlihat Baru

Jika Anda bosan dengan model sofa yang Anda miliki, maka berikut adalah beberapa cara yang dapat mengubahnya agar terlihat seperti baru.

Liputan6.com, Jakarta Ketika pindah rumah, salah satu perabotan yang biasanya jadi perhatian atau malah dibeli pertama kali, biasanya adalah sebuah sofa. Namun adakalanya Anda malah tak harus membelinya, bisa saja Anda malah mendapatkan sofa lungsuran dari orang tua atau saudara.

Ada ungkapan yang menyatakan bahwa semakin lama umur sebuah sofa maka akan semakin nyaman untuk diduduki. Namun yang namanya sofa lungsuran bisa jadi modelnya sudah ketinggalan jaman.

Baca juga: 6 Tips Memilih Sofa untuk Ruangan Anda

Nah, jika Anda merasa bosan dengan model sofa tersebut, simak beberapa cara yang dirangkum dari Rumah.com untuk mengubah sofa lama Anda agar terlihat seperti baru.

1. Kurangi bantal, tambahkan motif

Cara lain untuk mempercantik sofa adalah dengan menggunakan sarung bantal bermotif yang besar seperti gambar bunga atau motif geometris seperti chevron.

Banyak yang beranggapan agar sofa terasa nyaman maka harus disediakan bantal yang banyak. Padahal jika terlalu banyak justru akan membuat sofa sulit untuk diduduki dan menjadi tidak nyaman. 3 buah bantal sudah cukup untuk sebuah sofa.

Cara lain untuk mempercantik sofa adalah dengan menggunakan sarung bantal bermotif yang besar seperti gambar bunga atau motif geometris seperti chevron. Jika bantal hanya ada 3 buah maka Anda bisa menggabungkan satu motif dengan motif lain atau membiarkan salah satu bantalnya menggunakan sarung bantal polos.

2. Ganti kaki-kaki sofa

Sebenarnya mengganti kaki sofa sangatlah mudah, Anda bisa menggantinya dengan bentuk seperti persegi yang saat ini banyak dijual di toko perabotan.

Coba perhatikan kaki-kaki sofa Anda, apakah masih berbentuk lingkaran yang dulu sempat menjadi tren di tahun 2.000-an? Sebenarnya mengganti kaki sofa sangatlah mudah, Anda bisa menggantinya dengan bentuk seperti persegi yang saat ini banyak dijual di toko perabotan.

Jika tidak bisa menggantinya sendiri, Anda bisa minta tolong pada penjual sofa atau pengrajin mebel kayu.

3. Gunakan warna ombre

Celupkan kain sarung bantal di cat air untuk memberikan efek ombre.

Ingin membuat sebuah perubahan yang dramatis? Celupkan kain sarung bantal di cat air untuk memberikan efek ombre. Setelah kering jangan lupa setrika dengan rapi agar ketika dikenakan di bantal tidak terlihat kusut. Dan sofa Anda kini akan terlihat trendi.

Tidak percaya diri untuk melakukannya sendiri? Konsultasikan dengan tukang jahit langganan atau pembuat sarung bantal rumahan.

4. Tambahkan paku

Memasangnya satu persatu memang cukup melelahkan, untungnya beberapa toko juga menjual paku yang sudah digabungkan.

Beberapa paku khusus seperti paku payung yang biasa digunakan untuk mengencangkan sarung penutup sofa sempat menjadi tren. Paku ini disematkan dengan rapih hingga membentuk seperti pola titik-titik di sofa.

Memasangnya satu persatu memang cukup melelahkan, untungnya beberapa toko juga menjual paku yang sudah digabungkan.

5. Buat sofa menjadi tempat yang hangat

Model selimut rajutan terutama yang tebal cocok untuk diletakkan di sebuah sofa, atau pilih bahan yang lembut sebagai tempat untuk kaki Anda beristirahat.

Sofa modern saat ini biasanya berbentuk persegi yang memberikan kesan geometris yang dingin. Anda bisa membuat tampilannya menjadi lebih hangat dengan meletakkan sebuah selimut.

Model selimut rajutan terutama yang tebal cocok untuk diletakkan di sebuah sofa, atau pilih bahan yang lembut sebagai tempat untuk kaki Anda beristirahat.

6. Bersihkan sofa secara berkala

Anda juga bisa menggunakan sarung khusus untuk sofa agar tidak mudah berdebu dan menjaga bentuk sofa.

Ketika sofa sudah terlihat kotor dan kusan, segarkan sofa dengan menggunakan penghisap debu serta balikkan sofa dan tepuk-tepuk agar kotoran dan debu bisa terlepas. Untuk kedepannya, Anda juga bisa menggunakan sarung khusus untuk sofa agar tidak mudah berdebu dan menjaga bentuk sofa.

Foto: Oprah.com

Mita Agustina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini