Sukses

Sebelum Beli Rumah, Baca Dulu Istilah-istilah Properti Ini!

Liputan6.com, Jakarta Ternyata tidak sedikit dari para pencari properti pemula yang belum memahami istilah-istilah dalam proses jual beli properti. Padahal dengan mengetahui istilah-istilah tersebut dapat membantu Anda agar tidak mudah ditipu oleh oknum pengembang tak bertanggung jawab.

Ya, meski pada saat membeli properti pengembang akan menjelaskan istilah-istilah tersebut kepada konsumennya, namun sebenarnya semuanya harus bermula dari Anda. Artinya, di sini Andalah yang harus berperan aktif untuk bertanya.

Dan untuk membantu Anda, maka berikut adalah kamus properti yang sudah dilansir dari laman Rumah.com harus Anda ketahui. Simak ulasannya:

Agunan (Collateral)
Atau aset pihak peminjam yang dijanjikan kepada pemberi pinjaman jika peminjam tidak dapat mengembalikan pinjaman tersebut.

Jika peminjam gagal bayar maka pihak pemberi pinjaman dapat memiliki agunan tersebut. Dalam pemeringkatan kredit, jaminan sering menjadi faktor penting untuk meningkatkan nilai kredit perseorangan ataupun perusahaan.

Jaminan ini juga merupakan satu-satunya faktor yang dinilai dalam menentukan besarnya pinjaman.

Amortisasi (Amortization)
Pengurangan utang dengan pembayaran pokok dan bunga secara teratur dengan jumlah tertentu sehingga pinjaman terbayar pada saat jatuh tempo. Ketentuan ini akan diatur oleh pihak bank apabila pada suatu kondisi Anda merasa tidak bisa mencicil KPR dalam satu waktu.

Anuitas Rest
Perhitungan pembebanan bunga efektif dengan periode tahunan. Jika debitur membayar lebih untuk mengurangi pokok kredit, maka dengan sendirinya waktu pelunasan akan berakhir lebih cepat dari tenor (masa cicilan).

Arus Kas (Cash Flow)
Arus kas merupakan suatu laporan keuangan yang berisikan pengaruh kas dari kegiatan operasi, kegiatan transaksi investasi, dan kegiatan transaksi pembiayaan atau pendanaan serta kenaikan atau penurunan bersih dalam kas suatu perusahaan selama satu periode

Bunga Tetap (Flat Rate)
Bunga setiap bulan tetap dari jumlah pinjaman, sehingga angsuran pokok juga akan sama sampai pinjaman lunas.

Bunga Mengambang (Floating Rate)
Tingkat suku bunga tiap bulan dapat berbeda, tergantung dari naik-turunnya suku bunga bank.

1 dari 4 halaman

Capital Gain


Keuntungan yang didapat dari naiknya harga properti, dibandingkan harga saat membeli. Biasanya bagi investor akan mempertimbangkan keuntungan yang bisa dimiliki pada jangka waktu tertentu. Misalnya seperti investor yang berniat membeli rumah di lokasi sunrise properti karena lokasi tersebut masih bisa berkembang dalam lima hingga sepuluh tahun mendatang.

Cluster
Pengelompokan beberapa rumah di dalam sebuah kompleks perumahan yang dibuat eksklusif, dengan sistem one gate. Biasanya dikelompokkan berdasarkan karakter arsitektur tertentu.

Selain faktor keamanan, keuntungan rumah dengan konsep klaster, lingkungan di sekitar rumah juga mudah dipantau dan terdapat fasilitas yang cukup lengkap.

(Simak juga: Daftar Rumah dengan Konsep Klaster klik di sini)

Early Bird
Membeli properti saat baru dipasarkan pengembang. Biasanya pengembang menawarkan harga khusus (harga perdana) dengan sejumlah kemudahan dan diskon.

Hand Over (Turn Key)
Serah terima unit (kunci) dari pengembang kepada pembeli.

Indent
Pembelian properti dengan pemesanan terlebih dahulu.

Kopel
Deretan dua atau lebih rumah, di mana dinding pembatasnya menyatu/berhimpitan. Biasanya sistem ini dipakai di perumahan menengah dan menengah ke bawah.

2 dari 4 halaman

Loan (Pinjaman)


Dana yang disediakan bank untuk nasabah dengan pemberian bunga dalam jumlah tertentu. Dan tentunya harus dilunasi dengan cara diangsur dalam kurun waktu yang telah ditentukan.

Ready Stock
Properti dijual dalam keadaan telah terbangun.

Refinancing (Pembiayaan Ulang)
Mengubah atau mengganti struktur pinjaman lama dengan yang baru. Hal ini dilakukan agar memperoleh suku bunga atau jumlah angsuran yang lebih kecil.

Apabila Anda mengajukan Refinancing, jaminan yang berlaku adalah rumah yang sudah Anda beli tersebut. Lalu bagaimana prasyarat untuk mengajukan refinancing?

Untuk mengajukan refinancing sebaiknya dilakukan satu tahun setelah Anda membeli rumah. karena dalam kurun waktu setahun akan terlihat peningkatan harga jual dibandingkan dari harga sebelumnya.

Refinancing juga bisa dilakukan apabila Anda membutuhkan pinjaman dana baru yang bisa membantu Anda di saat belum bisa mencicil KPR.

Site plan (Rencana Tapak)
Gambaran/peta rencana detail sebuah kavling tanah atau bangunan dengan semua unsur penunjangnya, seperti jalan, air bersih, listrik, pembuangan limbah, fasilitas umum, dan fasilitas sosial.

Rencana tapak ini sebenarnya aplikasi dari Rencana Tata Ruang Wilayah yang sudah diatur oleh pemerintah setempat. Misalnya RTRW untuk sebuah perumahan adalah 60:40, artinya 60 persen adalah bangunan dan 40 persen adalah area hijau, fasum, dan fasos.

Sunrise Property
Properti baru yang berkembang dan stabil kenaikan nilainya. Jika mengacu lokasi, maka sunrise property terletak di kawasan baru dan berkembang, kawasan baru dan stabil, dan kawasan modern yang baru direhabilitasi.

3 dari 4 halaman

Sunset Property


Properti yang berusia tua dengan kualitas menurun dan jelek. Properti dengan ciri-ciri seperti ini kurang baik secara ekonomi.

Superblok
Kawasan yang digunakan untuk mengintegralkan berbagai fungsi, antara lain fasilitas perkantoran, perdagangan, pemukiman, rekreasi, dan lain-lain. Dengan berbagai fungsi dan aktivitas tersebut, kawasan superblok disebut sebagai kota mandiri (self contained city).

SHM
SHM (Sertifikat Hak Milik) adalah pernyataan legal terhadap lahan yang dimiliki sepenuhnya oleh pihak tertentu. Saat lahan tersebut berstatuskan SHM, maka tidak ada lagi campur tangan kepemilikan pihak lain.

SHGB
pernyataan legal yang menyatakan hak milik dan mendirikan bangunan di atas tanah yang bukan kepunyaan pemilik bangunan. Pihak yang biasanya memiliki SHGB bisa negara, atau perorangan dan badan hukum. Masa berlaku sertifikat ini adalah 30 tahun, dan bisa diperpanjang hingga batas waktu 20 tahun.

(Simak juga: Sebelum Beli Rumah, Kenali Dulu Jenis Sertifikatnya klik di sini)

Tenor
Jangka waktu cicilan kredit, misalnya lima tahun, sepuluh tahun, dan seterusnya.

Topping-Off
Pemasangan/penutupan atap bangunan sebagai tanda berakhirnya proses konstruksi.

Yield
Keuntungan yang dihitung dari nilai sewa per tahun dibagi harga properti. Misalnya, harga properti Rp100 juta sementara harga sewa Rp5 juta per tahun, maka yield properti tersebut adalah 5%.

Foto: Perumahan The Upper House Residence

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua