Sukses

5 Ide Segar Penyekat Ruang di Rumah

Liputan6.com, Jakarta Dalam sebuah hunian terkadang dibutuhkan penyekat ruang untuk memisahkan antara satu ruang dengan ruang yang lain, meskipun Anda memiliki hunian yang sempit.

Sebab, tak semua ruang tampak apik jika disatukan. Ada beberapa ruang dalam rumah yang bersifat pribadi dan membutuhkan space khusus.

Masalahnya, sering kali pemilihan bentuk sekat ruang justru menjadi blunder bagi tampilan rumah Anda, mulai dari membuat rumah semakin sempit, terkesan berantakan, hingga seperti terisolasi.

Perlu Anda tahu, ada beberapa jenis material dan bentuk sekat yang bisa diaplikasikan dalam rumah. Sehingga tak hanya memberikan fungsi sebagai penyekat, tetapi juga menambah apik tampilan ruang. Berikut ini beberapa inspirasi ide yang bisa Anda pilih.

Dinding Kayu Bercelah

Sekat kayu memberikan kesan pemisah yang tegas, namun tidak terasa pengap. Sumber: decorando.com

Kayu bisa menjadi pilihan utama. Selain ringan juga memunculkan kesan minimalis, sejuk, dan elegan. Buatlah dinding kayu dengan desain garis-garis horizontal atau vertikal bercelah. Tempatkan dari bawah hingga atas plafon.

Celah tirai memungkinkan Anda melihat ke dalam ruang sebelah. Hal ini membuat ruang terasa tidak pengap atau terisolasi.

Celah dari tiap potongan kayu pun dapat berfungsi memancarkan cahaya di dalam ruang. Sekat seperti ini bisa digunakan untuk memisahkan ruang dapur dengan area makan, atau ruang keluarga dengan ruang kerja.

Tirai Kain

Sekat tirai adalah jenis sekat yang paling lazim digunakan. Sumber: remontbp.com.

Tirai menjadi salah satu material sekat yang paling favorit digunakan. Selain mudah mendapatkannya, harganya pun cenderung lebih murah.

Anda pun bisa memilih motif yang bermacam-macam, disesuaikan dengan nuansa ruangan. Jika memilih tirai kain sebagai penyekat, kuncinya Anda harus menyesuaikan warna kain dengan konsep dan interior ruangan.

Ukurannya tirai bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Tirai tidak harus menutup semua ruang, bisa sebagian saja. Sekat tirai kain cocok digunakan untuk memisahkan ruang makan dengan ruang keluarga.

Rak Penyimpanan

Gunakan rak sebagai penyekat ruang. Anda bisa memanfaakan sekat tak hanya sebagai penyekat, tapi juga tempat menaruh barang seperti vas, buku, atau pajangan.

Secara tak langsung ini dapat menghemat ruang. Pilih rak sesuai dengan konsep rumah Anda. Jika rumah Anda minimalis, pilih rak yang simpel seperti bentuk kotak-kotak.

Jika rumah Anda berdesain klasik Anda bisa memilih rak dengan desain serupa. Sekat rak cocok digunakan untuk memisahkan ruang keluarga dengan ruang tamu.

(Simak juga: Mengenal ragam kusen yang tepat untuk rumah Anda)

Pintu geser

Sekat pintu geser biasa digunakan untuk memisahkan area dalam dengan halaman. Tujuannya untuk menjaga kesan luas. Sumber: Houzz.com.

Sekat berupa pintu geser salah satu pilihan yang sangat sederhana. Kelebihannya sekat ini bisa membuat ruang tetap terasa lega. Apalagi jika Anda menggunakan material kaca atau transparan.

Sekat pintu geser cocok digunakan untuk memisahkan ruang makan atau ruang keluarga dengan teras belakang rumah. Bisa juga ruang kamar dengan kamar mandi di dalam kamar tersebut.

Elemen alami

Elemen alami seperti tanaman bisa membawa kesan outdoor ke dalam ruangan. Sumber: Yungogu.com.

Beberapa elemen alami yang bisa Anda gunakan sebagai sekat adalah water feature (air terjun hias) dan tanaman. Sekat alami akan memberikan kesan pembagian ruang yang tidak kaku.

Sekat menggunakan elemen alami cocok digunakan untuk memisahkan ruang keluarga dengan ruang keluarga.

Foto utama: Pixabay

Sumber: Rumah.com

Rina Susanto

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua