Sukses

Saatnya Beri Perhatian Pada Alas Duduk Anda

Liputan6.com, Jakarta Anda boleh saja mengatakan setiap minggu Anda membersihkan rumah Anda dari debu. Anda juga mengelap jendela agar tetap terlihat bersih dan mengilap.

Namun, apakah Anda juga memerhatikan alas duduk, seperti sofa, dipan, kursi kayu, kursi rotan, atau dipan?

Kursi kayu yang permukaannya kotor pun dapat menyebabkan alergi dan gatal pada kulit Anda saat duduk di atasnya. Dikutip dari Rumah.com, inilah yang harus Anda perhatikan terhadap kursi di rumah Anda.

Periksa permukaan sofa

Cek kondisi sofa setiap bulan. Sofa yang semakin menipis berisiko menyebabkan nyeri pada bokong dan punggung Anda karena beban tubuh tidak tertopang dengan baik.

Jemur sofa setiap dua minggu agar terindari dari tungau dan periksa ketebalannya setiap bulan. Mintalah bantuan tukang jahit sofa untuk merapikan jahitan sofa sekaligus menambah ketebalannya dengan busa yang baru.

Lap sofa kulit

Bisa Anda menggunakan sofa kulit, perhatikan permukaannya, jika ada yang koyak sedikit saja, mintalah bantuan ahli mebel untuk membereskannya.

Sofa yang kocak berisiko membuat sofa semakin rusak. Lap sofa dengan pembersih khusus kulit untuk mencegah permukaan kulitnya menjadi kusam.

Bersihkan kursi rotan dengan sikat

Sela-sela kursi rotan menjadi tempat bersarangnya debu. Minimal, Anda harus membersihkan kursi rotan setiap bulan dengan menyikatnya menggunakan sikat halus, lalu lap kembali dengan kain bersih.

Pertimbangkan kembali memiliki sofa rotan jika Anda memelihara anjing atau kucing. Kedua hewan ini hobi menggigit sofa rotan dan merusak tatanannya.

Atasi debu di kursi kayu

Beberapa ruang tengah kadang menggunakan bale-bale sebagai alas duduk di depan TV. Kursi kayu panjang ini sebaiknya harus dibersihkan dari debu.

Pasalnya, debu yang menempel berisiko membuat kayu menjadi kusam bahkan lapuk. Bersihkan dan lap setiap permuakaannya termasuk sela-sela bale-bale dengan lap kering.

Jika Anda menambahkan bantal atau jok di bale-bale, jemurlah setiap minggu untuk mencegah jok cepat tipis. Bersihkan alas duduk bale-bale menggunakan vacuum.

Baca juga: Mengenal desain interior bohemian nan cerah)

Foto: Pixabay

Rina Susanto

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua