Sukses

Begini Cara Mengorganisir Laci Penyimpan Pakaian

Liputan6.com, Jakarta Apa yang Anda lihat ketika membuka laci pakaian? Setumpukan baju yang berantakan? Padahal menyimpan pakaian dengan menggunakan laci adalah salah satu cara agar kita bisa melihat semua pakaian yang kita miliki sehingga tidak memakai baju yang itu-itu saja.

Bisa jadi itu semua karena ada yang salah dengan cara Anda menyimpan selama ini. Agar semua isi laci pakaian Anda tertata rapi, simak tips dari Rumah.com berikut ini.

Simak juga: Tips Mudah Mengorganisir Lemari Pakaian

Sortir pakaian

  • Keluarkan semua isi laci pakaian dan pertimbangkan pakaian mana yang sudah tidak cukup, jarang dipakai (dalam setahun tidak pernah dipakai), atau terkena noda yang sulit dihilangkan sehingga bisa disingkirkan dari laci tersebut. Pakaian yang kondisinya masih baik bisa didonasikan untuk mereka yang membutuhkan.
  • Pisahkan pakaian yang biasa digunakan pada cuaca atau musim tertentu seperti musim hujan atau pakaian untuk pergi ke pantai. Pisahkan jenis pakaian ini di tempat terpisah atau gunakan wadah tersendiri dan simpan di bawah tempat tidur.
  • Pisahkan pakaian berdasarkan fungsi pemakaian seperti pakaian tidur, baju terusan, kaos santai, celana panjang, atau rok dan baju hangat. Jenis pakaian ini baiknya dipisahkan dan memiliki laci masing-masing.
  • Perhatikan juga cara melipat celana agar terhindar dari kerutan. Beberapa kategori pakaian bisa dibuat berdasarkan pakaian resmi atau santai, pakaian yang berat atau ringan, dan lain sebagainya. Agar isi dalam laci menjadi lebih sedap dipandang Anda bisa menyimpannya berdasarkan warna.

Simpan pakaian dengan pemisah

Satu buah laci biasanya terlalu besar untuk menyimpan berbagai macam jenis pakaian. Agar isi laci tetap rapi, beli pemisah yang biasanya dijual di toko perabotan rumah tangga. Anda bisa memisahkannya menjadi tiga bagian untuk laci besar dan dua bagian untuk laci yang lebih kecil.

Jika kesulitan menemukan pemisah laci, gunakan wadah plastik yang banyak dijual di pasaran. Beli dalam berbagai ukuran yang berbeda namun dengan tinggi yang sama. Alternatif lain sebagai pemisah adalah sebuah pembatas buku.

Bahkan untuk barang-barang yang lebih kecil seperti kaos kaki Anda bisa menggunakan wadah makanan seperti tempat pudding atau es batu.

Menyimpan pakaian dengan efisien

  • Gulung pakaian. Cara ini sering digunakan untuk menyimpan pakaian di dalam koper namun sebenarnya tidak ada bedanya dengan laci pakaian. Selain menghemat tempat, menggulung juga akan mencegah pakaian menjadi kusut asal pastikan Anda menggulungnya dengan perlahan.
  • Susun dengan arah mendatar, bukan menumpuk. Ketika memasukkan pakaian di dalam laci jangan menumpuk karena akan membuat Anda kesulitan mencari pakaian. Selain itu cara menyimpan seperti ini juga akan membuat pakaian menjadi kusut. Perhatikan juga cara menyimpan pakaian dalam karena jika salah akan merubah bentuk. Barang-barang lain seperti kaos kaki bisa Anda simpan menggunakan gantungan sepatu.

 

Foto: Depositphotos.com

Mita Agustina

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua