Sukses

Kenaikan Properti di Bekasi Bisa 17% Per Tahun, Loh!

Liputan6.com, Jakarta Jika selama ini Bekasi menjadi bulan-bulanan candaan sebagai “Kota Planet”, tapi itu semua kini akan berubah. Dan malah warga Bekasi harus berbangga sebab kenaikan properti, khususnya untuk rumah tapak bisa mencapai 5 – 17 persen setiap tahunnya.

Berdasarkan project review yang dilakukan Rumah.com, perkembangan Bekasi kini kian pesat seiring dengan peningkatan infrastruktur. Misalnya, akses jalan tol dan perkembangan kawasan industri.

Mengacu pada standar ekonomi, dimana jika banyak permintaan maka akan berdampak juga kepada penyediaan, semakin banyak masyarakat yang mendiami lokasi tersebut maka akan berimbas pada semakin tingginya jumlah permintaan terhadap rumah.

Akibanya adalah; pembangunan rumah-rumah baru makin pesat dengan persaingan harga yang ketat, dan uniknya mengakibatkan peningkatan harga jual yang positif.

Berikut ini paparan kenaikan harga pada rumah-rumah di Bekasi:

1. Cluster Estuary (Segara City)

Gerbang utama Cluster Estuary yang sedang mengalami pembangunan.

Salah satu perumahan yang memiliki kenaikan cukup pesat adalah Cluster Estuary. Perumahan ini berada di Kota Harapan Indah yang terpadu dan sudah mapan. Hal tersebut terlihat dari beberapa fasilitas umum yang lengkap mulai dari rumah sakit, sekolah, dan pusat perbelanjaan.

Putra Development Group sebagai pengembang, seperti cukup jeli melihat perkembangan yang bisa menarik investor. Di kalangan investor lokasi dekat perumahan yakni Kawasan Medan Satria di Tarumajaya diyakini sebagai sunrise property.

Sebab, rencana jangka panjang sekitar 10 kilometer dari Kota Harapan Indah akan dibangun superblock berisi apartemen, perkantoran, dan mal. Tidak heran bila kenaikan harga properti di Cluster Estuary bisa naik hingga 17,6 persen setiap tahunnya.

(Simak juga: Ulasan Lengkap Cluster Estuary klik di sini)

1 dari 3 halaman

2. Green Leaf Bekasi

Perumahan Green Leaf Bekasi

Selanjutnya adalah Perumahan Green Leaf Bekasi. Perumahan ini lokasinya berada di perbatasan dengan Jakarta Timur. Sehingga, tak perlu dipungkiri akan fasilitas umum yang tersedia. Mulai dari akses jalan, transportasi umum seperti commuter line sudah tersedia di sana.

Kenaikan harga properti di kawasan ini akan semakin naik tajam karena rencana pembangunan tol Becakayu (Bekasi-Cawang-Kampung Melayu) yang sudah dimulai semenjak kurang lebih setahun yang lalu.

Perkembangan infrastruktur yang mumpuni tersebut mendorong kenaikan properti sebesar Rp100 juta – Rp200 juta atau sekitar 12,15 persen.

(Simak juga: Ulasan Lengkap Perumahan Green Leaf Bekasi klik di sini)

2 dari 3 halaman

3. Kalyana Townhouse, Bekasi

Perumahan Kalyana Townhouse Bekasi.

Jatirangga, Kelurahan Jatisampurna menjadi lokasi yang kerap dilirik investor di Bekasi. Alasannya terletak dari letak strategis yang mana berbatasan dengan Cibubur Jakarta sehingga ‘feel’ dari Cibubur juga turut berimbas ke Jatirangga.

Di waktu mendatang, akan hadir tol JORR 2 yang akan menghubungkan antara Cibubur, Cibitung, dan Cawang yang nantinya akan memberikan imbas tidak hanya pada kawasan Cibubur tapi juga pada kawasan Jatirangga dan Jatiwarna.

Di sisi lain, pembangunan angkutan massal LRT di Cibubur dan Bekasi juga akan membuat harga properti di lokasi ini akan melesak naik seiring mudahnya bertransportasi menuju Jakarta dan Bekasi di masa mendatang. Adapun kenaikan rumah ini berkisar 5-10 persen per tahunnya.

(Simak juga: Ulasan Lengkap Kalyana Townhouse Bekasi klik di sini)

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua