Sukses


Buat Rumah Lebih Natural dengan Unpolished Tile

Produk-produk unpolished tile saat ini tengah digemari karena memberikan sentuhan natural, elegan, gaya, dan berkelas.

Liputan6.com, Jakarta Di era modern seperti sekarang ini, melalui kreativitas dan desain lantai pun mampu memberikan nilai estetika yang memperkuat nuansa suatu ruang.

Lantai tidak hanya sebagai alas saja, melainkan telah menjadi simbol keindahan, kenyamanan, serta kesejukan bagi penghuninya sekaligus menjadikan hunian tampak lebih bergaya dan berkelas. Termasuk dalam hal pemakaian ubin dengan permukaan yang tidak dipoles (unpolished tile).

Ubin tanpa poles ini memiliki karakter yang cenderung matte (tidak mengilap). Produk-produk unpolished tile saat ini tengah digemari karena memberikan sentuhan natural namun berkelas.

Untuk teksturnya sendiri, ada beberapa macam unpolished tile, mulai dari permukaan yang lebih halus, hingga ke permukaan yang bertekstur kasar atau bergelombang (rustic).

“Produk unpolished tile mempunyai beberapa keunggulan, antara lain permukaan yang kasar atau bergelombang sehingga membuat permukaan menjadi tidak licin. Tidak seperti bila menggunakan ubin yang mengkilap permukaannya,” terang Kuntjoro Tjahjosarwono, Manager Granito Tile Studio saat ditemui Rumah.com.

“Selain itu, unpolished tile yang punya karakter kuat akan menghadirkan kesan natural pada desain interior,” imbuhnya.

(Simak juga: Rumah Makin Cantik dengan Lantai Bermotif)

Outdoor to indoor

Berbicara tentang unpolished tile, pada awalnya ubin jenis ini lebih banyak digunakan di luar rumah, seperti di teras atau carport.

Namun kini, seiring perkembangan dan tren desain, ubin jenis ini mulai banyak disukai dan diaplikasikan di ruangan-ruangan dalam rumah seperti ruang keluarga, dapur, hingga kamar tidur.

“Pada desain-desain modern saat ini, penggunaan unpolished tile bukan hanya di eksterior melainkan dapat digunakan pada interior. Pusat perbelanjaan dengan desain modern tropical sudah mulai menggunakan unpolished tile untuk menunjang konsep natural pada interior ruangnya,” jelas Designer Granito, M. Zachri Zelhas.

Contoh pemakaian unpolished tile pada rumah bergaya industrial

Secara umum, produk unpolished tile memiliki beberapa varian tipe, mulai dari yang memiliki permukaan halus dan tidak kilap, hingga ke permukaan yang bertekstur seperti batu alam.

Untuk ubin dengan permukaan halus akan terasa lebih aman dan nyaman di kaki. Sedangkan untuk yang bertekstur seperti batu alam akan memberikan kesan dan sensasi tersendiri serasa melangkah di alam bebas.

“Untuk kualitas dan kekuatannya, baik untuk lantai polished maupun unpolished tidak ada perbedaan. Karena perbedaan hanya terletak pada tekstur, maka pada umumnya unpolished tile lebih banyak digunakan untuk area luar karena permukaannya yang tidak terlalu licin,” papar Zachri.

Untuk perawatannya, pada prinsipnya relatif sama seperti ubin jenis lain. Cukup dibersihkan dengan campuran air dan cairan pembersih lantai saja. Sementara untuk permukaan yang bertekstur kasar, bila ada noda yang cukup sulit dapat dibantu dengan disikat memakai sikat pembersih lantai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.