Sukses

Langkah Tepat Bersihkan Jamur di Kamar Mandi

Liputan6.com, Jakarta Kamar mandi sering menjadi ruangan yang paling lembap di rumah Anda. Apalagi di beberapa rumah mungil, kamar mandi kerap tidak memiliki jendela, sehingga mengandalkan lampu sebagai penerangan.

Jika tak sering dibersihkan, area kamar mandi seperti ini akan cepat lembap dan berjamur. Berikut cara membersihkan jamur di beberap area di kamar mandi.

Jamur di tirai shower

Rendam tirai kain atau plastik dalam seember air yang sudah ditambahkan detergen. Sebelumnya, gosok bagian yang berjamur dengan sikat gigi bekas hingga sebagian jamur terlepas.

Biarkan tirai direndam selama semalaman agar jamurnya terlepas.

Jika Anda masih merasa kurang bersih, masukkan tirai ke dalam mesin cuci yang ditambah dua buah handuk yang tak lagi dipakai lalu tambahkan detergen dan putarlah mesin cucinya. Serat handuk akan membantu menghilangkan noda.

Tambahkan satu sendok makan cuka untuk mematikan jamur sekaligus menghilangkan aroma jamur yang lembap di tirai Anda.

Bila tirai Anda tak bisa dicuci dengan mesin—misalnya karena permukaannya tipis, sebaiknya sikat kembali tirai dengan sikat yang halus hingga seluruh jamurnya hilang.

(Simak juga: Mencegah Timbulnya Alergi di Rumah)

Jamur di sudut kamar mandi

Siram area yang berjamur dengan karbol atau cuka. Tambahkan beberapa tetes air yang sudah dicampur dengan cairan pencuci piring, lalu sikatlah area yang berjamur tersebut.

Bilas kembali area yang berjamur dengan karbol dan air. Bila masih terdapat sisa noda jamur, bersihkan kembali dengan cairan pembersih porselen.

Jamur di cermin kamar mandi

Jamur pada cermin sebenarnya dapat diatasi dengan cairan pembersih kaca. Dengan disemprot, lalu dilap dengan kain, jamur akan berkurang. Bila tak ada cairan pembersih kaca, Anda dapat menggunakan karbol atau cairan pel.

Setiap kali selesai digunakan, biarkan pintu kamar mandi terbuka agar udara udara dari luar mengalir masuk ke dalam kamar mandi dan mencegah timbulnya jamur.

Foto: Pixabay

Sumber: Rumah.com

Rina Susanto

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua