Sukses

Mendesain Ruang Laundry Berukuran Sempit

Liputan6.com, Jakarta Ruang cuci dan setrika atau laundry room menjadi ruangan yang perlu dimiliki rumah Anda. Selain mengurangi kesan berantakan, suara bising yang dikeluarkan mesin cuci ketika beroperasi membuat Anda perlu “menyembunyikannya” di satu ruangan tersendiri.

Lalu, bagaimana jika tak ada ruangan yang tersisa untuk membuat laundry room? Jangan khawatir, dengan lebar kurang lebih 2×2, Anda bisa kok membuat bilik kecil untuk menyulap pakaian kotor menjadi bersih kembali. Simak beberapa inspirasi dan tips yang dikutip dari Rumah.com berikut ini.

Buat Ruangan Laundry Berbentuk L
laundroom2

Untuk ruangan berbentuk segi panjang, ruangan berbentuk huruf L sangat pas untuk menata perabot yang dibutuhkan. Di sisi yang lebih pendek Anda bisa meletakkan mesin cuci dan wastafel. Wastafel berfungsi untuk menyikat pakaian dengan noda membandel sekaligus untuk mencuci tangan.

Sementara di sisi lainnya diisi dengan lemari, keranjang baju kotor dan area menyetrika. Jika Anda membutuhkan ruang penyimpanan yang ekstra luas, maksimalkan tiap sudut ruang laundry dengan mendesain lemari customized.

 

Menyetrika dengan nyaman
laundroom

Membuat ruang yang nyaman untuk menyetrika dan melipat baju bukan hal yang sulit. Gunakan papan setrika dan kursi lipat yang bisa disembunyikan di sela-sela lemari. Anda bahkan bisa mendesain papan setrika lipat yang menempel pada lemari agar lebih praktis.

Untuk membuat aktivitas lebih menyenangkan, tak ada salahnya meletakkan kipas angin, televisi atau radio di samping Anda.

 

Menata peralatan laundry
laundroom3

Cukup banyak benda yang harus ditata pada sebuah ruang laundry yang sempit. Untuk itu, Anda perlu meletakkan lemari bersekat untuk menyimpan semua kebutuhan mencuci. Mulai dari deterjen, pelembut pakaian, pemutih pakaian, sikat baju, setrika, hanger, dan area sisa untuk menyimpan baju. Pastikan area penyimpanan baju terpisah dengan peralatan mencuci, ya!

 

Solusi praktis dengan tirai
laundroom6

Tirai atau gorden tidak hanya berfungsi menutup jendela. Gunakan tirai sebagai alternatif murah meriah pengganti pintu. Dengan begitu rumah Anda akan tetap terlihat rapi jika dilihat dari ruang keluarga.

 

Pilih lokasi yang tepat
laundroom4

Untuk beberapa rumah dengan luas bangunan di atas 200 meter persegi, ruang laundry umumnya terletak di basement dekat garasi. Hal ini demi mengurangi suara bising yang mengganggu aktivitas sehari-hari.

Namun, untuk rumah dengan ukuran lebih kecil, ruang laundry juga bisa di desain dekat dapur atau dekat teras belakang. Ini akan mempermudah Anda ketika ingin menjemur pakaian di belakang rumah.

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua