Sukses


Sudah Benarkah Posisi Duduk Anda?

Saat duduk, Anda perlu memerhatikan cara dan postur tubuh dengan benar agar terhindar dari penyakit dan rasa nyeri.

Liputan6.com, Jakarta Duduk merupakan aktivitas rutin setiap orang. Saat duduk, Anda dapat rileks dan juga produktif mengerjakan beragam hal, seperti bekerja, membaca, belajar, mengetik, dan sebagainya.

Namun, saat duduk, Anda perlu memerhatikan cara dan postur tubuh dengan benar. Itu semua untuk mendukung Anda hidup lebih sehat dan jauh dari beragam jenis penyakit dan nyeri.

Berikut ini panduan duduk yang sehat, seperti dikutip dari Rumah.com.

Manfaat Duduk Sehat

Sebelum mengetahui cara duduk yang sehat, Anda perlu tahu manfaat yang didapat dari duduk sehat, yaitu memperlancar komunikasi sistem syaraf pusat; meningkatkan kemampuan mental; mengurangi gejala migrain dan sakit kepala; menstabilkan tekanan darah; melancarkan pernapasan; menguatkan otot perut; mengurangi nyeri punggung; dan menambah kepercayaan diri.

Cara Duduk Sehat

Cara duduk yang sehat perlu Anda perhatikan, terlebih jika Anda duduk dalam waktu yang lama. Anda perlu memastikan bahwa postur Anda ergonomis untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

Caranya dengan duduk tegak, punggung lurus, dan bahu berada di belakang. Anda akan merasakan lengkungan pada punggung Anda saat duduk.

Pastikan pantat Anda bersentuhan dengan bagian belakang kursi. Kepala menghadap lurus ke depan. Kemudian, kaki diletakkan di lantai dengan posisi lutut lebih tinggi sedikit dari pinggul atau kursi. Letakkan siku di samping atau bersandar pada tepian kursi.

Posisikan diri Anda dekat dengan meja agar tidak banyak otot yang bekerja. Oleh karenanya, Anda akan merasa lebih rileks. Jangan lupa untuk beristirahat jika Anda duduk dalam waktu yang lama.

Anda dapat meregangkan siku-siku Anda atau berjalan-jalan sebentar sembari melihat alam hijau. Perhatikan juga asupan makan dan minum Anda.

Jika Anda sudah duduk merosot, itu tandanya Anda mulai dehidrasi. Untuk itu, siapkan air minum di meja Anda. Untuk mengawali aktivitas, Anda pun dapat minum segelas kopi.

Pilih Kursi dan Meja yang Sesuai

Pilihlah ukuran kursi dan meja yang sesuai dengan kebutuhan dan postur tubuh Anda, misalnya untuk keperluan bekerja dalam waktu lama dan dengan postur tubuh Anda yang tinggi besar.

Untuk menyiasatinya, Anda bisa membeli meja dan kursi dalam satu set sehingga sudah dipertimbangkan ukuran dan kenyamanannya.

Sebelum membeli, Anda pun perlu mencobanya, jangan sampai meja atau kursi Anda rentan goyang. Pilihlah juga kursi yang dapat diputar agar Anda tidak sering-sering memutar tubuh Anda yang berakibat masalah nyeri pada pinggang.

(Simak juga: Perhatikan Postur Tubuh yang Benar Saat Bersihkan Rumah)

Foto: Pixabay

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini