Sukses

Ketahui Rasio Parkir Sebelum Beli Apartemen

Liputan6.com, Jakarta Lahan parkir kerap menjadi masalah bagi penghuni apartemen atau rumah susun. Berdasarkan pengamatan dari Rumah.com, banyak konsumen yang mengeluh akan kurangnya area parkir di apartemen tempat tinggalnya.

Meskipun terlihat sepele, namun terlalu lama terjebak di basement parkir cukup menyita waktu di tengah aktivitas Anda yang padat. Untuk itu, bagi Anda yang sedang melakukan survei apartemen tempat tinggal, sangat penting mengetahui rasio parkir yang pengembang sediakan.

Sebagai referensi, apartemen yang baik memiliki rasio parkir paling tidak 1:1. Dimana setiap unit apartemen disediakan satu spot parkir. Meski demikian, kebutuhan parkir disesuaikan juga dengan luas lantai yang tersedia. Untuk lebih jelas dapat disimak pada tabel di bawah ini:

Luas Lantai Bangunan (bruto) Kebutuhan Parkir Minimal
> 150 m2 1 mobil / 1 unit hunian
50 – 150 m2 1 mobil / 2 unit hunian
< 50 m2 1 mobil / 5 unit hunian



Standar luasan parkir apartemen juga telah di atur oleh Dinas Penataan dan Pengawasan Bangunan. Untuk satu mobil (sedan/van/pick up) minimum lebarnya 2,25 meter dan panjang 4,5 meter pada posisi tegak lurus. Sedangkan untuk parkir sejajar, minimum lebar 2,25 meter dan panjang 6 meter. Rasio parkir pada bangunan parkir ditetapkan seluas 25 meter persegi untuk satu mobil.

Berbeda dengan apartemen, rumah susun memiliki rasio parkir 1:10. Dengan begitu jika unit vertikal idaman Anda menyediakan rasio parkir yang terlalu besar maka bisa dipastikan Anda tidak mungkin memarkir kendaraan pribadi di sana.

Bagi pengembang, mendesain apartemen dengan lahan parkir memadai adalah dilema tersendiri. Pasalnya, jika setiap unit apartemen disediakan satu slot parkir maka kebutuhan lahan parkir semakin membengkak. Secara langsung ini berpengaruh terhadap harga jual yang membengkak. Meski demikian, banderol harga tidak selalu menjadi patokan kelayakan fasilitas parkir yang pengembang sediakan.

Perhatikan biaya parkir

Untuk beberapa unit vertikal, lahan parkir bukanlah fasilitas yang bisa dinikmati secara Cuma-Cuma. Sejumlah apartemen ada yang menetapkan biaya parkir bulanan untuk membayar sekuriti parkir. Oleh karena itu, Anda harus lebih aktif bertanya kepada pengembang apakah nantinya ada biaya parkir tambahan di luar maintenance fee bulanan.

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua