Sukses


Pertama Kali Ngontrak? Simak Tips Berikut Ini!

Sebelum memutuskan untuk menyewa hunian, simak lima tips penting berikut ini!

Liputan6.com, Jakarta Tinggal di hunian kontrak menjadi pilihan praktis bagi banyak orang. Selain menghemat biaya perawatan, Anda bisa berpindah lokasi kapanpun Anda mau. Meski demikian, Anda harus jeli memilih tempat sewa yang pas agar tidak merasa dirugikan.

Jika tinggal di hunian sewa atau kontrak adalah pengalaman pertama bagi Anda, maka Anda perlu mencermati lima tips penting di bawah ini, di adaptasi dari Rumah.com.

Berapa biaya yang mampu dibayar?
Sebelum mulai mencari rumah atau apartemen sewa, Anda harus tahu berapa biaya yang mampu Anda bayar setiap tahun atau setiap bulannya. Menurut broker real estate Misty Soldwisch, biaya sewa tidak boleh lebih dari 35 persen dari pendapatan kotor Anda (misalnya gaji sebelum pajak).

Jadi kalau pendapatan Anda setiap bulan Rp. 5 juta sebelum pajak, maka pastikan cicilannya tidak lebih dari Rp. 1,75 juta setiap bulan.

Minta bantuan Broker properti
Anda bisa saja menemukan hunian sewa dari situs jual beli properti seperti Rumah.Com. Tapi, kalau Anda masih buta mengenai lokasi yang bagus dan mudah menjangkau fasilitas lengkap, maka Anda mungkin butuh bantuan broker properti.

Pertimbangkan Faktor Penting

Ketika melakukan survei hunian kontrak, Anda bisa saja tergoda dengan penampilan yang bersih dan rapi. Namun, jangan terburu-buru memutuskan untuk pindah. Cek dulu hal penting seperti jarak dari lokasi bekerja, sampai dengan kondisi tetangga dekat rumah.

Memahami Surat Perjanjian

Untuk beberapa jenis hunian sewa, biasanya penghuni menerapkan beberapa peraturan yang tercantum dalam surat perjanjian. Untuk itu Anda harus membaca perlahan dan memahaminya dengan baik. Poin penting seperti biaya pindah, kenaikan biaya sewa, sampai pemberitahuan tanggal kadaluarsa sewa sangat penting untuk diketahui. Hal ini bisa meminimalisir kesalah pahaman dengan pemilik hunian.

Lakukan survei langsung

Tidak cukup melakukan survei via telepon atau foto gambar yang dilihat dari iklan saja. Anda harus melakukan survei langsung ke lokasi untuk melihat kondisi bangunan yang sebenarnya.

Selain menghindari penyesalan di kemudian hari, Anda juga bisa segera meminta perbaikan ke pemilik rumah. Selain dinding dan lantai, perhatikan juga instalasi air dan listrik yang perlu dipasang dengan baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini