Sukses


4 Hal Ini Bisa Usir Lalat Buah dari Rumah Anda

Lalat buah sering datang tanpa diundang. Akibat ukuran tubuhnya yang kecil, lalat buah sering luput dari perhatian Anda.

Liputan6.com, Jakarta Hewan ini sering datang tanpa diundang. Akibat ukuran tubuhnya yang kecil, lalat buah sering luput dari perhatian Anda.

Lalat buah suka mengerubungi buah atau sayuran lainnya dan membuatnya cepat membusuk. Lalat buah lebih sering muncul di saat cuaca panas dan kehadirannya membuat proses vermentasi pada buah menjadi lebih cepat.

Tak hanya buah yang ada di meja makan Anda, tapi juga buah yang masih menempel pada pohonnya. Agar lalat buah tidak merusak stok buah Anda di meja makan, simak trik yang dikutip dari Rumah.com berikut ini.

Gunakan sabun pencuci piring

Aroma sabun pencuci piring yang mengandung jeruk nipis berpotensi merusak konsentrasi lalat buah. Mereka menjadi hilang arah dan akhirnya menyingkir mencari lokasi lainnya.

Teteskan sabun pencuci piring yang sudah Anda campur dengan air ke beberapa area rumah yang rawan didatangi lalat buah, dan biarkan aromanya menyebar. Tak lama, lalat buah di rumah Anda akan berkurang.

Gunakan cuka apel

Tuang cuka apel secukupnya ke dalam stoples yang tak lagi terpakai. Tutup bagian atasnya dengan plastik namun tambahkan lubang yang agak besar.

Aroma cuka apel akan menarik perhatian lalat sehingga mereka akan terbang ke arah stoples tersebut. Begitu masuk ke dalam stoples, lalat akan susah untuk keluar kembali dan terjebak di dalam stoples. Anda tinggal membuangnya jika lalat sudah menumpuk di dalam stoples.

Gunakan minyak goreng

Tak ada cuka apel? Gunakan minyak goreng. Caranya tuangkan minyak goreng dalam wadah terbuka lalu letakkan di area yang banyak beterbangan lalat buah.

Mereka akan tertarik dengan kilau yang ditampilkan minyak, namun begitu mereka mendekatinya, lalat akan menempel di permukaan minyak.

Perhatikan kebersihan kebun

Bersihkan kebun dari buah yang sudah jatuh dan membusuk serta pastikan tidak ada semak yang terlalu lebat. Buah busuk dan semak inilah yang membuat lalat buah betah dan bersarang.

Selain itu, jika ada bakal buah di kebun Anda, sebaiknya segera bungkus buah agar tidak menarik perhatian hama.

(Simak juga: Penyebab Anda Gemuk di Rumah)

Foto: Pixabay

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini