Sukses


Anda Tidak Butuh Benda-benda ini di Dapur

Agar dapur Anda tidak terasa sesak, maka berikut adalah barang-barang dapur yang sebenarnya tidak Anda perlukan dan harus Anda singkirkan.

Liputan6.com, Jakarta Membelanjakan uang untuk gadget dan peralatan memasak memang menyenangkan. Hingga tanpa Anda sadari akhirnya terlalu banyak barang yang dibeli. Dan semakin lama barang-barang tersebut semakin bertumpuk.

Padahal beberapa barang atau peralatan tersebut tidak pernah digunakan, dan bahkan hanya bikin dapur jadi terasa sesak. Dan agar dapur Anda tidak terasa sesak, simak daftar dari Rumah.com berikut ini untuk barang dapur seperti apa saja yang sebenarnya tidak Anda perlukan.

Baca juga: 10 Ide Hemat Ruang untuk Dapur Kecil

1. Rak bumbu yang diisi penuh

Manfaat bumbu masak adalah agar membuat masakan menjadi lebih sedap. Tapi Jika Anda memiliki tempat bumbu yang selalu diisi penuh, berhati-hatilah, pasalnya beberapa bumbu justru akan kehilangan rasanya bila disimpan terlalu lama.

Bahkan rempah-rempah seperti cengkih dan basil justru lebih baik dalam keadaan kering. Jadi beli bumbu-bumbu dalam jumlah secukupnya saja.

2. Wadah makanan berwarna

Menggunakan wadah makanan dari plastik memang akan mengurangi limbah pembuangan sampah sekali pakai. Namun bila Anda memiliki setumpuk wadah makanan, hal tersebut justru malah seringkali membuat Anda lupa bahwa di dalam wadah tersebut terdapat makanan.

Alhasil wadah seperti itu malah membuat busuk makanan yang tersimpan. Jadi beli wadah yang bening atau terbuat dari kaca saja sehingga Anda bisa selalu melihat apa isi dari wadah tersebut.

3. Cangkir kopi atau teh

Salah satu yang membuat dapur terasa penuh adalah menumpuknya cangkir-cangkir yang biasa digunakan untuk minum kopi atau teh dengan berbagai warna dan ukuran.

Awalnya cangkir-cangkir ini dibeli saat Anda wisata ke sebuah daerah, kemudian juga Anda dapatkan sebagai suvenir di acara kantor atau pernikahan teman sehingga lama kelamaan menjadi menumpuk.

Jika cangkir ini hanya digunakan untuk Anda bersama dan pasangan, sepasang sebenarnya sudah lebih dari cukup. Jadi sumbangkan beberapa cangkir ke tempat lain yang mungkin lebih membutuhkan.

4. Ketel pemanas air

Jika Anda membuat teh hanya sesekali maka lebih baik gunakan panci atau microwave untuk memanaskan airnya.

Saat ini ketel pemanas air memiliki banyak model yang unik, bahkan ada juga yang memiliki fungsi lain. Jika Anda seseorang yang rutin minum teh dalam keseharian maka ketel seperti ini mungkin akan sering digunakan.

Namun jika Anda membuat teh hanya sesekali maka lebih baik gunakan panci atau microwave untuk memanaskan airnya.

5. Pembuat roti bakar jenis pop-up

Jadi akan lebih baik jika Anda memiliki sebuah oven agar bisa digunakan untuk membuat hal-hal lainnya juga seperti menghangatkan sisa makanan, mencairkan keju, bahkan memanggang daging burger.

Pembuat roti bakar atau toaster dengan jenis pop up memang sempat menjadi tren di jaman dahulu. Namun toaster jenis ini tidak memiliki fungsi lain selain membakar roti.

Jadi akan lebih baik jika Anda memiliki sebuah oven agar bisa digunakan untuk membuat hal-hal lainnya juga seperti menghangatkan sisa makanan, mencairkan keju, bahkan memanggang daging burger.

Selain itu karena oven juga tertutup maka tikus jelas tidak bisa masuk. Lain halnya dengan toaster pop up yang biasanya suka menyisakan sisa remah roti sehingga mengundang tikus atau binatang lain untuk hinggap.

6. Spons pencuci piring

Ada baiknya jika Anda menggunakan kain bersih yang bisa dicuci ulang atau sikat khusus cuci piring daripada spons.

Tahukah Anda spons yang digunakan untuk mencuci piring memiliki banyak kotoran yang mengandung bakteri dan kuman? Karena kondisinya yang selalu basah itulah yang membuat spons memiliki banyak kotoran.

Jadi ada baiknya jika Anda menggunakan kain bersih yang bisa dicuci ulang atau sikat khusus cuci piring.

Foto: Pixabay

Mita Agustina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.